Sabtu-Minggu, Hari Tersibuk di Supermarket Indonesia, Kenapa? - Kompas.com

Sabtu-Minggu, Hari Tersibuk di Supermarket Indonesia, Kenapa?

Kompas.com - 12/02/2018, 18:30 WIB
Marketing Director The FoodHall Arnolda Rahmawati (kanan).KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Marketing Director The FoodHall Arnolda Rahmawati (kanan).

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap orang memiliki jadwal masing-masing untuk pergi ke supermarket. Pengaturan itu biasa dibuat berdasarkan kebutuhan dan waktu luang yang dimiliki.

Nah, dari tujuh hari, dua hari di akhir pekan—Sabtu dan Minggu—adalah hari-hari paling ramai orang berkunjung ke supermarket.

Supermarket di Indonesia mengalami jam-jam tersibuk di akhir pekan, dengan pertambahan 35-45 persen pelanggan berbelanja di saat tersebut.

Kesimpulan itu menjadi hasil riset yang dilakukan USDA Foreign Agricultural Service dalam bertajuk "Indonesia Retail Foods Update 2017".

Marketing Director The FoodHall Arnolda Ratnawati, dalam acara yang digagas HSBC dan The FoodHall, menyebut, temuan dalam riset tersebut tak bisa dibantah.

Lagi pula, kondisi itu memang  sesuai dengan karekteristik pengunjung terbesar supermarket, yakni keluarga.

Baca juga: Melatih Kecerdasan Si Kecil Sambil Belanja di Supermarket

“Mereka baru memiliki waktu luang saat akhir pekan dan biasanya pergi bersama-sama—bapak, ibu, dan anak,” kata Arnolda di Jakarta, Senin (12/2/2018).

Selain itu, jam paling ramai terbagi menjadi dua. Arnolda mengatakan saat siang hari mulai dari pukul 11.00-14.00. Sementara untuk sore sedari pukul 16.00-21.00.

Tingkat keramaian pengunjung tersebut juga memengaruhi penawaran potongan harga.

Terkait kondisi itulah, maka program-program potongan harga pun kerap dilakukan pada waktu tersebut.

“Berdasarkan analisa, kalau weekday pengunjung tidak ada waktu, jarang yang belanja, sehingga program-program potongan pasti di akhir pekan,” kata dia.

Baca juga: Ragu dengan Ukuran Pakaian Saat Belanja Online? Coba Trik Ini



Close Ads X