Kompas.com - 12/02/2018, 21:25 WIB
Ilustrasi tidur telanjang MARIOS07Ilustrasi tidur telanjang
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tidur telanjang ternyata memiliki banyak manfaat. Tapi tak banyak yang melakukannya karena risih.

Dari survei tahun 2012--terungkap hanya delapan persen orang tidur telanjang. Sisanya, lebih memilih pakaian pendek, atau piyama tidur.

Padahal ada beberapa sisi positif tidur telanjang untuk kesehatan kita. Berikut beberapa di antaranya yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Mengurangi insomnia

Temperatur tubuh secara alami menurun selama kita tidur. Tentu, ini adalah benefit untuk menenangkan tubuh dan mendorong agar kita tidur lebih nyenyak.

Saat suhu tubuh terlalu panas, ia akan terperangkap dalam pakaian dan tak akan keluar dengan baik. Kondisi seperti itu akhirnya akan mengganggu tidur.

Studi menunjukkan insomnia dan suhu tubuh sangat berkaitan. Jadi, copot pakaian tidur bila mulai terasa gerah agar suhu panas keluar dengan lancar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Meningkatkan metabolisme

Kurangi lemak berlebih dengan menyeimbangkan kadar kortisol--hormon stres. Penting untuk diketahui, kadar kortisol mulai menurun antara pukul 10 malam hingga 2 pagi.

Jadi, kalau kita tidak cukup tidur saat malam hari, hormon kortisol masih tersisa banyak saat terbangun yang akhirnya mendorong lemak berlebih.

Halaman:


Sumber CARE2
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.