Kompas.com - 13/02/2018, 11:35 WIB
Gigi Hadid COSMOPOLITAN.COMGigi Hadid

KOMPAS.com - Sering dikritik netizen karena bentuk tubuhnya, model Gigi Hadid akhirnya memberi penjelasan soal alasan mengapa tubuhnya mengurus. Lewat akun Twitternya, ia mengungkapkan penyakit Hashimoto yang dideritanya.

Selama beberapa tahun terakhir, publik melihat perubahan bentuk tubuhnya yang drastis. Yang semua langsing, lama kelamaan ia tampak semakin kurus.

Hadid pernah dianggap menjalani diet ketat sebagai model. Malah, ada yang menuduhnya mengonsumsi obat-obatan.

Tak tinggal diam terus dikomentari, Hadid mengungkapkan penyakit gangguan imunitas yang memengaruhi kelenjar tiroidnya.

Penyakit hashimoto disebutkan menyebabkan efek samping, seperti rasa lelah, kulit kering, suara serak, penurunan atau peningkatan berat badan, nyeri otot, dan masih banyak lagi.

"Mereka yang menyebut aku 'terlalu besar'untuk industri modeling, sebenarnya aku mengalami inflamasi dan retensi cairan," kata kekasih Zayn Malik ini.

Hadid mengatakan, sejak didiagnosis pada Desember 2016, ia sudah menjalani pengobatan, termasuk pengobatan holistik, dan mengadopsi gaya hidup sehat.

"Meski stres dan sering bepergian juga berpengaruh pada tubuhku, tapi pola makanku tidak berubah, tapi tubuhnya meresponnya berbeda, walau sekarang sudah lebih baik,"katanya.

"Äku mungkin terlalu kurus'' untukmu, sejujurnya kekurusan ini bukan yang aku mau. Tapi sekarang aku merasa lebih sehat dari dalam dan masih belajar untuk terus berkembang dengan tubuhku setiap hari, seperti halnya semua orang lain.

Hadid menegaskan bahwa ini adalah terakhir kalinya ia menjelaskan kondisi tubuhnya.

"Tolonglah, sebagai pengguna media sosial dan manusia, belajarlah berempati kepada orang lain dan pahami bahwa kamu tidak pernah tahu cerita utuhnya. Gunakan energimu untuk mendukung orang yang kamu kagumi dibanding bersikap kejam terhadap orang yang tidak kamu kagumi," katanya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.