Penyebab Tersering Rambut Rontok pada Pria

Kompas.com - 14/02/2018, 18:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.comRambut rontok sebenarnya adalah hal yang normal sampai pada tingkat tertentu. Kategori normal adalah jika rambut rontok 50-100 helai setiap hari.

Pada pria, sejauh ini penyebab kerontokan rambut yang paling umum adalah pola kebotakan laki-laki yang disebabkan oleh meningkatnya sensitivitas terhadap hormon dihidrotestosteron (DHT).

"Hampir 50 persen pria akan mengalami kehilangan rambut saat mereka berusia 50 tahun. Rambut rontok juga bisa dimulai pada usia muda, terutama jika punya kecenderungan genetik untuk rambut rontok," ucap Robert Glatter, dokter dari Rumah Sakit Lenox Hill, yang sering menangani masalah rambut rontok.

Jika Anda belum mencapai usia 50 tahun dan telah mengalami kerontokan terus-menerus, bisa jadi ini tanda kebotakan.

Secara umum, ada beberapa penyebab kerontokan rambut rontok pada pria:

1. Ketombe

Sekitar 40 persen pria memiliki ketombe yang biasa disebut seborrheic dermatitis. Hal ini bisa disebabkan perubahan hormonal atau fluktuasi produksi minyak yang berlebihan di kulit. Kabar baiknya, dermatitis seboroik ini bisa diobati dan rambut akan tumbuh lebat lagi dalam periode delapan bulan.

Baca: 5 Rutinitas yang Justru Merusak Rambut

2. Psoriasis

Psoriasis adalah kondisi autoimun yang menyebabkan pertumbuhan sel kulit berlebihan, serta timbul bercak putih bersisik tebal di kulit kepala. Mirip ketombe, tapi sisiknya lebih tebal.

"Kita bisa saja menggaruk kepala untuk meringankan rasa gatal, tapi dapat menyebabkan rambut rontok," kata Glatter.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber menshealth
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X