Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/02/2018, 18:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber menshealth

KOMPAS.comRambut rontok sebenarnya adalah hal yang normal sampai pada tingkat tertentu. Kategori normal adalah jika rambut rontok 50-100 helai setiap hari.

Pada pria, sejauh ini penyebab kerontokan rambut yang paling umum adalah pola kebotakan laki-laki yang disebabkan oleh meningkatnya sensitivitas terhadap hormon dihidrotestosteron (DHT).

"Hampir 50 persen pria akan mengalami kehilangan rambut saat mereka berusia 50 tahun. Rambut rontok juga bisa dimulai pada usia muda, terutama jika punya kecenderungan genetik untuk rambut rontok," ucap Robert Glatter, dokter dari Rumah Sakit Lenox Hill, yang sering menangani masalah rambut rontok.

Jika Anda belum mencapai usia 50 tahun dan telah mengalami kerontokan terus-menerus, bisa jadi ini tanda kebotakan.

Secara umum, ada beberapa penyebab kerontokan rambut rontok pada pria:

1. Ketombe

Sekitar 40 persen pria memiliki ketombe yang biasa disebut seborrheic dermatitis. Hal ini bisa disebabkan perubahan hormonal atau fluktuasi produksi minyak yang berlebihan di kulit. Kabar baiknya, dermatitis seboroik ini bisa diobati dan rambut akan tumbuh lebat lagi dalam periode delapan bulan.

Baca: 5 Rutinitas yang Justru Merusak Rambut

2. Psoriasis

Psoriasis adalah kondisi autoimun yang menyebabkan pertumbuhan sel kulit berlebihan, serta timbul bercak putih bersisik tebal di kulit kepala. Mirip ketombe, tapi sisiknya lebih tebal.

"Kita bisa saja menggaruk kepala untuk meringankan rasa gatal, tapi dapat menyebabkan rambut rontok," kata Glatter.

Untuk mengurangi gatal pada kulit kepala dan kerontokan rambut, batasi penggunaan pengering rambut atau catok rambut yang dapat membuat panas kulit kepala.

Kompres kulit kepala yang bermasalah dengan air es atau handuk basah untuk meringankan gatalnya. Ada beberapa produk sampo di pasaran yang bisa membantu.

Dalam kasus yang lebih parah, kata Glatter, dokter kulit dapat memberi resep kepada berupa obat oral, krim topikal, dan salep, bersamaan dengan penggunaan terapi sinar ultraviolet untuk mengobati gejala.

Baca: Efek Negatif Pemakaian Parfum untuk Bikin Rambut Wangi

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber menshealth
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com