Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/02/2018, 18:52 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber menshealth

KOMPAS.com - Ketika mencoba menurunkan berat badan, salah satu cara yang banyak dilakukan adalah mengurangi karbohidrat.

Mengurangi makanan berkabohidrat seperti yang dianjurkan dalam diet ketogenik, selalu membuat kita berpikir untuk menjauhkan diri dari makanan yang mengandung karbohidrat.

Tapi sebelum ini terjadi, kita harus memahami efek negatif bagi tubuh saat kita kekurangan asupan karbohidrat.

"Kecuali kalian makan ayam dan steak sepanjang hari, hampir tidak mungkin untuk menjalani diet tanpa karbohidrat," kata ahli gizi yang bernama Karen Ansel.

Karen juga menerangkan bahwa karbohidrat tidak hanya ada di dalam makanan seperti roti, pasta dan buah. Tapi, karbohidrat juga terdapat pada makanan seperti kacang, selada dan brokoli.

Buah dan sayuran adalah karbohidrat terbaik untuk tubuh kita, karena mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat.

Jadi ketika kita berbicara tentang diet rendah karbohidrat, kita juga berbicara tentang pengurangan gula, biji-bijian seperti pasta, gandum utuh dan zat tepung seperti beras merah dan quinoa.

Gandum utuh meningkatkan kadar gula darah dan insulin tanpa berlebihan , serta menjaga bakteri baik dalam tubuh kita.

Pakar diet Jackie Newgent juga mengatakan bahwa terlalu sedikit mengonsumsi karbohidrat, dapat mengurangi jumlah probiotik dan serat.

"Kebanyakan pria cenderung membutuhkan lebih sedikit probiotik - yang merupakan bahan bakar yang bermanfaat di usus," ucapnya.

Ansel juga menambahkan untuk mengurangi jumlah karbohidrat yang tepat, kita perlu menyadari bahwa kita masih memerlukan karbohidrat untuk energi, nutrisi dan serat.

Jadi, kita harus mengonsumsi makanan dengan sumber karbohidrat rendah yang dikemas dengan nutrisi seperti sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian.

"Dan ingatlah bahwa yang kalian harus mengonsumsi karbohidrat setidaknya 20 gram sehari. Kurang dari itu akan menyebabkan tubuh kalian mengalami ketosis yang bisa membuatmu merasa mual, lemah dan umumnya kelelahan," ucapnya.

Berikut beberapa hal yang terjadi pada tubuh saat kekurangan karbohidrat.

1. Kelelahan

Halaman:
Sumber menshealth
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com