BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan OPPO

Ini Alasan Fashion Berwarna Biru Tak Pernah Ketinggalan Zaman

Kompas.com - 19/02/2018, 07:17 WIB
Aningtias Jatmika,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Coba lihat lagi koleksi baju Anda di lemari pakaian. Selain warna hitam dan putih, apakah ada banyak pakaian berwarna biru di dalamnya?

Kalau ya, berarti Anda termasuk orang yang memiliki kepribadian dengan perasaan-perasaan positif.

Dalam psikologi warna, biru memainkan peran penting dalam memengaruhi kepribadian seseorang. Warna yang identik dengan langit, laut, dan air ini membawa begitu banyak perasaan positif, seperti ketenangan, kedamaian, keamanan, kepercayaan, dan kesetiaan.

Ilustrasi model perempuan berbaju biru Ilustrasi model perempuan berbaju biru

Karena itu pula warna biru banyak digunakan dalam dunia fashion. Bahkan pada 2013, warna ini sempat jadi tren.

Meski sudah tidak menjadi tren, pada dasarnya warna tersebut adalah favorit sepanjang zaman. Selain cocok dipadupadankan dengan warna lain, biru juga dipercaya bisa memberi efek menenangkan bagi pemakainya sehingga dapat menjaga mood sekaligus anti-mati gaya.

Jadi, tak heran kalau pesohor dunia rajin terlihat memakai warna biru. Sebut saja Kate Middleton yang sering tertangkap kamera sedang memakai busana biru di berbagai kesempatan.

Dalam sebuah foto, Kate pernah terlihat mengenakan atasan kaus berwarna biru tua dengan aksen garis-garis putih.

Pakaian dengan lengan setengah panjang itu dipakai saat Festival Polo Gloucestershire di London pada 2015. Agar terkesan lebih kasual, Kate memakai skinny jeans berwarna senada.

Di lain acara, ia lagi-lagi memakai busana dengan warna sama, termasuk pada acara formal seperti gelaran tahunan kerajaan, Royal Variety Performance 2017. Kali itu, ia tampil anggun mengenakan gaun berwarna ice-blue dengan payet indah di atasnya.

Pemakaian busana berwarna biru sebenarnya pernah dibahas oleh Leatrice Eiseman, seorang konsultan warna dan penulis buku More Alive With Color yang pertama kali diterbitkan oleh Capital Books pada 2006.

Ia bilang, biru cocok untuk dipakai baik dalam acara formal maupun non-formal. Eiseman menyarankan, khusus acara formal, sebaiknya gunakan busana dengan warna biru tua. Sementara itu, nuansa biru muda bisa dipilih untuk acara non-formal.

Aksesori dan pelengkap fashion

Selain pakaian, warna biru juga banyak diaplikasikan pada aksesori. Kate Middleton pernah pula jadi sorotan ketika mengenakan kalung berlian berwarna biru dalam sebuah acara penggalangan dana di London, Inggris, pada empat tahun silam.

Kalung jenis choker itu ia padu padankan dengan anting berlian model tear drop berwarna senada. Tentu saja, semua aksesori ini semakin terlihat menawan karena Kate mengenakan dress anggun rancangan Jenny Packham yang juga berwarna biru.

Pada dasarnya, seseorang yang sengaja memakai busana, mulai dari pakaian, hingga aksesori berwarna senada bertujuan agar tampilannya itu terkesan serasi.

Pakaian, baik kasual maupun formal, terlihat pas jika dipadupadankan dengan item fashion berwarna senada, seperti sepatu, syal, topi, dan dompet, bahkan gadget yang kini telah menjadi tren sebagai pelengkap fashion.

Karena itulah, warna gadget hari ini tidak hanya terbatas pada pilihan warna-warna klasik, seperti hitam atau abu-abu saja.

OPPO F5 Dashing Blue OPPO F5 Dashing Blue


Warna biru yang melambangkan kedamaian dan ketenangan itu pun hadir sebagai varian. Seperti pada Oppo F5 Dashing Blue.

Casing biru mengilap pada ponsel itu mengesankannya lebih fashionable sehingga selain fungsinya yang bisa dipakai untuk menunjang komunikasi juga cocok saat diserasikan dengan busana.

Nah, mau mencoba mendapatkan kesan menenangkan tetapi anti-mati gaya dari warna tersebut? Silakan serasikan dengan busana Anda.

 


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com