4 Vitamin untuk Menebalkan Rambut Dengan Cepat

Kompas.com - 20/02/2018, 05:35 WIB
Ilustrasi rambut sehat ShutterstockIlustrasi rambut sehat
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sering kali rambut dianggap sebagai salah satu bagian tubuh yang menunjang penampilan. Tak jarang orang rela mengeluarkan kocek lebih untuk merawat rambutnya.

Siapa sih yang tidak ingin memiliki rambut tebal, berkilau, sehat, dan bebas dari ketombe? Tidak hanya perempuan, laki-laki juga merasa khawatir saat rambut mulai menipis.

Lalu, adakah cara untuk mengatasi rambut yang rontok dan mulai tipis? Tentu saja ada, kuncinya adalah vitamin. Apa saja vitamin untuk menebalkan rambut?

Sebenarnya untuk menebalkan rambut, para ahli berpendapat bahwa kita perlu 13 vitamin. Vitamin-vitamin tersebut dapat ditemukan pada makanan.

Vitamin untuk kesehatan rambut adalah vitamin A, D, E, K, C, dan B kompleks (tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, biotik, vitamin B-6, vitamin B-12, dan folat). Tapi kita tidak akan membahas semua vitamin tersebut, hanya sebagian saja.

1. Vitamin D untuk menumbuhkan rambut

Kamu tentu pernah mendengar bahwa fungsi vitamin D adalah untuk menjaga tulang tetap sehat. Ternyata tidak hanya tulang saja, mengonsumsi vitamin D juga dapat menjaga kesehatan rambut dan kulit.

Sebuah studi pada tahun 2012 pada jurnal Stem Cells Translational Medicine, yang dikutip oleh situs Healthline, mengungkapkan bahwa vitamin D dapat membantu menciptakan folikel (pori kecil untuk rambut tumbuh) baru.

Kebotakan dapat terjadi saat folikel rambut menjadi tidak aktif. Terkadang folikel yang aktif pun, tidak memproduksi rambut.

Untuk mendapatkan vitamin D yang alami, kita bisa mengonsumsi ikan salmon, jamur, biji-bijian, jus jeruk, atau susu rendah lemak.

Ada cara lain? Ya, cobalah untuk berjemur beberapa saat pada pagi hari, hanya sebentar saja. Ketika tubuh terkena sinar matahari, tubuh akan memproduksi vitamin D.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X