Apa Efek Bawa Tas Berat Setiap Hari Bagi Kesehatan?

Kompas.com - 20/02/2018, 08:27 WIB
Ilustrasi membawa tas belanja master1305Ilustrasi membawa tas belanja
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Berbagai macam kesibukan terkadang menuntut kita untuk membawa tas berat dengan bawaan sangat banyak.

Apa pun alasannya, hal tersebut tidak baik untuk kesehatan, terutama pada wanita yang lebih sering menggunakan tas tangan dibanding tas ransel.

Tahukah Kamu, 1 dari 10 wanita punya kebiasaan membawa beban berat dalam tas yang bisa mencapai 4 kg? Ini sudah pasti menimbulkan ketidaknyamanan jika harus membawa beban seberat itu.

Namun, selain badan atau tangan pegal, kira-kira apa saja yang bakal terjadi jika setiap hari kita membawa tas berat? Cari tahu akibatnya di bawah ini serta tips-tips untuk mengatasinya.

Jika terus dilakukan, kebiasaan membawa tas berat dapat menimbulkan berbagai gejala yang tidak terduga. Mulai dari sakit kepala, rasa kaku di bagian leher dan pundak, nyeri pinggang, hingga gangguan keseimbangan.

Maka risiko mengalami kelainan postur tubuh dan tulang belakang seperti Hernia Nucleus Pulposus atau dikenal dengan saraf terjepit bukanlah hal yang tak mungkin terjadi.

Lebih jauh, sebuah penelitian tahun 2013 dalam Journal of Applied Physiology mengungkapkan bahwa membawa tas berat secara terus-menerus bisa mengakibatkan kerusakan saraf, otot, hingga tulang.

Kerusakan ini bukan tidak mungkin menyebabkan gangguan gerak. Kamu mungkin jadi lebih sulit menulis, menggambar, mengemudi, mengoperasikan alat-alat berat, dan sebagainya.

Bagaimana caranya agar tetap sehat meski harus bawa tas berat setiap hari?

1. Menghitung berat tas yang ideal

Halaman:


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X