Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/02/2018, 14:10 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Mengajarkan anak untuk makan makanan sehat merupakan hal yang penting agar anak mereka terbiasa untuk tidak pilih-pilih makanan.

Anak-anak yang sering makan jenis makanan yang salah, seperti junk food atau makanan pinggir jalan, lebih berisiko mengalami kegemukan dan berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, jantung, dan kanker.  

Dengan adanya banyak iklan junk food di TV dan kebiasaan untuk mengonsumsi makanan ini, akan sulit membiasakan anak untuk makan dengan sehat.

Namun, ada strategi yang bisa kita terapkan untuk membantu anak berhenti atau mengurangi makan junk food. Apa saja strateginya?

1. Siapkan camilan yang sehat

Cara pertama agar anak bisa berhenti makan junk food adalah dengan menghidangkan camilan seperti buah, sayuran, dan biskuit gandum dengan keju. Siapkan camilan sehat di tempat yang mudah dijangkau anak-anak, seperti di meja makan.

Saat mereka lapar, mereka dapat mengambilnya dengan mudah. Siapkan juga mangkuk berisi buah-buahan di tempat yang mudah dilihat, sehingga anak langsung dapat menikmatinya. Ini dikarenakan anak-anak cenderung ingin makan apa yang ada di depan mereka.

Baca juga : Jangan Terkecoh Kalori Snack yang Tertera di Kemasan

2. Jangan bawa junk food ke rumah

Jika tidak ingin anak makan makanan tersebut, maka jangan simpan atau bawa junk food ke rumah. Dengan begitu, anak tak akan melihat dan meminta.

Cara lain adalah dengan memasak hidangan yang mirip dengan menu junk food, tapi versi lebih sehat. Cara ini dapat mengurangi konsumsi junk food pada anak.

Baca juga : Ingin Berhenti Makan ?Junk Food?? Anda Harus Tidur

3. Jangan tawar-menawar dengan anak

Jangan gunakan junk food sebagai alat tawar-menawar. Memberi hadiah berupa junk food agar anak mau makan makanan sehat amatlah salah, karena malah akan menambah daya tarik mereka terhadap junk food itu sendiri.

Anak-anak juga perlu diajarkan mengukur berapa banyak mereka makan, karena memaksa mereka menghabiskan makanan dapat menyebabkan mereka makan berlebihan di kemudian hari, terutama dengan tren makanan porsi besar saat ini.

Ilustrasi anak makan sayurCreativaImages Ilustrasi anak makan sayur
4. Jangan larang anak makan junk food

Jika tidak ingin anak doyan junk food, sebaiknya kita tidak benar-benar melarangnya, karena bisa mengakibatkan rasa penasaran anak semakin tinggi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com