Kompas.com - 21/02/2018, 10:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Keindahan batik tulis ternyata tak hanya untuk mempercantik penampilan, tapi bisa juga sambil dimanfaatkan untuk investasi.

Owner Galeri Buana Alit, Dwita Herman menjelaskan, batik tulis yang melegenda akan memiliki harga yang tinggi setelah disimpan.

"Batik bisa untuk investasi. Kalau sekarang beli Rp 10 juta, 5-10 tahun lagi bisa lebih," kata Dwita di Galeri Buana Alit, Jalan Moh. Kahfi 1, Jakarta Selatan, Selasa (20/2/2018).

Dwita menyebutkan, salah satu kain yang dimilikinya, merek batik Oey Soe Tjoen, batik legendaris dari Pekalongan.

Baca juga: Simpan Kain Batik Tak Bisa Sembarangan, Ini Tipsnya

Saat pertama membeli, Dwita hanya mengeluarkan uang sebesar Rp 6 juta. Tapi, beberapa tahun kemudian, saat batik tersebut booming alias sedang tren, harganya bisa mencapai Rp 35-40 juta.

Untuk saat ini, Dwita memperkirakan harga kain batik Oey Soe Tjoen berada di kisaran Rp 20 juta, dan untuk memesannya diperlukan waktu beberapa tahun.

Dia mengakui, harga batik tulis amat beragam. Harga sebuah batik tulis ditentukan oleh motif dan kepadatan cecek alias titik-titik pada kainnya.

Ia mencontohkan salah satu kain asal Cirebon yng terpengaruh Belanda. Batik tersebut memiliki motif burung dan pola garis sebagai latarnya.

Baca juga : Tak Usah Bingung Pilih Batik yang Sesuai, Cukup Ikuti Tips Ini

Garis-garis tipis itulah yang sulit. Sebab, untuk membuat satu garis pembatik harus menahan nafas.

Jika nafasnya lepas, maka garisnya akan bengkok dan menjadi tidak sempurna. Sehingga pembatik tersebut harus memiliki nafas yang panjang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.