Bagaimana Menyeduh Kopi Agar Terasa Lebih Enak?

Kompas.com - 22/02/2018, 06:15 WIB
Ilustrasi kopi RomoloTavaniIlustrasi kopi
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - You can't buy happiness, but you can buy coffee. And that's pretty close...

Masalah dalam kalimat di atas adalah, tidak setiap kopi memiliki rasa yang sama. Kopi yang kamu beli atau buat belum tentu sama rasanya dengan kopi buatan orang lain.

Bisa dibilang menyeduh kopi adalah seni. Proses ini bukan sekedar mencampur air panas dengan bubuk kopi, melainkan bisa dilakukan dengan cara tertentu sehingga rasa kopi yang dihasilkan lebih enak.

Ada beberapa cara yang biasa dilakukan orang saat membuat kopi. Yang paling sederhana adalah kopi tubruk, yaitu bubuk kopi yang diseduh langsung dengan air panas.

Cara lain yang biasa ditemukan di kafe atau kedai kopi adalah pour over, baik dengan chemex maupun flat bottom drip, dan french press. Masing-masing cara akan menghasilkan rasa yang unik.

Nah, sebelum mengetahui beda dan keunggulan masing-masing cara, kita sebaiknya tahu terlebih dahulu apa yang kita cari dari secangkir kopi.

Menurut Mirza Luqman, Senior Learning Manager di Starbucks yang sudah berpengalaman 15 tahun menjadi barista, ada 4 karakteristik yang bisa dirasakan saat menyeduh kopi. Apa sajakah itu?

Mirza Luqman dari Starbucks Indonesia saat menjelaskan cara membuat kopi dengan berbagai metodeKompas.com/Wisnubrata Mirza Luqman dari Starbucks Indonesia saat menjelaskan cara membuat kopi dengan berbagai metode
1. Aroma

Ya, aroma adalah wangi yang keluar dari kopi. Biasanya biji atau bubuk kopi segar memiliki bau yang harum. Dengan penyeduhan yang benar, wangi itu akan bertahan dan tertangkap hidung kita.

Cobalah menciumnya, dan rasakan bau bukan kopi apa yang kamu dapatkan? Bila kamu mencium aroma bunga-bungaan (flowery), buah-buahan (fruity), kacang-kacangan, atau wangi rempah, maka kemungkinan rasa kopi itu juga memiliki unsur-unsur tersebut.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X