Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/02/2018, 11:28 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Tabir surya membantu kulit dari luar untuk menjaga kelembapan alaminya agar tetap sehat. Akan tetapi, bantuan dari dalam, seperti makanan dan minuman tertentu, juga memiliki peran yang sama pentingnya untuk kesehatan kulit kita.

Pasalnya, di dalam makanan yang kita konsumsi terkandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan kulit. Apa saja makanan sehat untuk kulit yang wajib dikonsumsi sehari-hari itu?

1. Stroberi

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, makan makanan kaya vitamin C, seperti stroberi, membantu memperlambat munculnya keriput dan masalah kulit kering akibat proses penuaan.

Peran vitamin C dalam melembapkan kulit mungkin disebabkan oleh kemampuannya menetralkan radikal bebas akibat sinar UV dan juga mendorong proses sintesis kolagen, yang berfungsi menjaga elastisitas kulit.

2. Pepaya

Pepaya adalah sumber sempurna lainnya dari vitamin C. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa vitamin C dapat melindungi sel kulit dari kerusakan yang disebabkan sinar matahari dengan memperbaiki DNA yang telah rusak oleh sinar UV.

Makanan sehat untuk kulit yang juga kaya vitamin C selain pepaya adalah brokoli dan sayuran berwarna hijau lainnya.

3. Tomat

Banyak mengkonsumsi lycopene (zat karotenoid yang membuat tomat berwarna merah) dapat melindungi kulit dari panggangan sinar matahari.

Dalam suatu penelitian, partisipan yang terkena paparan sinar UV diketahui berisiko lebih kecil mengalami iritasi kulit setelah mengonsumsi 2,5  sendok makan pasta tomat atau meminum setidaknya 350 ml jus wortel setiap hari, sebagai tambahan dari makanan mereka sehari-hari selama 10 – 12 minggu.

4. Edamame

Edamame kaya akan isoflavone yang bertindak seperti antioksidan, membunuh dan membasmi radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Isoflavones dapat juga membantu pemulihan produksi kolagen, yang mulai melambat sekitar umur 20 tahunan.

5. Paprika Merah

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com