Kompas.com - 22/02/2018, 19:35 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Topik parenting atau pengasuhan anak menjadi topik yang paling banyak dicari oleh kalangan ibu lewat mesin pencari Google selama 2016-2017.

Ini diketahui dari survei Google bersama Kantar Worldpanel dan Kantar TNS terkait perilaku konsumen di Indonesia dalam hal membeli perawatan bayi.

Industry Analist Google Indonesia, Ariani Dwijayanti menyebutkan bahwa 25 persen atau satu dari empat pengguna internet Indonesia adalah kalangan ibu. Pencarian topik parenting pun mengalami kenaikan.

"Topik parenting naik sebesar 26 persen selama 2016-2017," kata Ariani dalam paparannya di Ice Palace, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (22/2/2018).

Google kemudian menganalisa lebih lanjut topik parenting yang paling banyak dicari. Ternyata, 52 persennya adalah topik "kehamilan", 32 persen topik "balita" dan 16 persen topik "bayi".

Menurutnya, ibu yang sedang hamil memiliki segudang pertanyaan tentang kehamilan dan mencari jawabannya di internet. Terutama bagi ibu yang baru pertama kali hamil.

Kategori "nama bayi" adalah yang paling banyak dicari oleh para ibu hamil. Di samping nama bayi, informasi lainnya yang juga dicari adalah tanda-tanda kehamilan, persiapan kehamilan, hingga masa subur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Survei tersebut juga menemukan tren menarik lainnya. Salah satunya adalah topik "kehamilan" tersebut banyak dicari pada waktu tertentu.

(Baca juga: 73 Persen Ibu Rutin Belanja Online)

"Topik kehamilan tinggi pencariannya di semester satu tiap tahunnya. Topik mengenai aktivitas dan edukasi banyak di musim liburan, Juli dan Desember," ucapnya.

Tak hanya pada Google, hasil senada ditemukan oleh ibudanbalita.com, situs parenting dari Frisian Flag. Situs tersebut menjadi situs parenting di Indonesia yang paling banyak dikunjungi pada 2017.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.