Kompas.com - 23/02/2018, 20:53 WIB
. iStockphoto/ThitareeSarmkasat.

KOMPAS.com - Riset terbaru menunjukan, pola diet yang cocok dengan seseorang tidak ada kaitannya dengan DNA mereka.

Penelitian sebelumnya mengungkap, tingkat insulin atau gen tertentu dapat berinteraksi dengan jenis makanan tertentu, dan pada akhirnya mempengaruhi keefektifan penurunan berat badan.

Riset ini dilakukan oleh peneliti dari Stanford University yang mempelajari lebih dari 600 orang dewasa dengan kelebihan berat badan.

Periset melakukan tes genetik dan insulin pada tiap peserta, sebelum meminta mereka untuk mengurangi asupan lemak atau karbohidrat.

Baca juga : Diet Sesuai DNA, Benarkah Manjur Turunkan Berat Badan?

Para peneliti menentukan, subjek mereka memiliki gen yang bervariasi terkait dengan bagaimana tubuh mereka mengolah lemak atau karbohidrat.

Menurut para periset, variasi ini pada akhirnya akan membuat mereka cenderung menurunkan berat badan bila diberi jenis makanan yang tepat.

Kemudian, periset membagi subjek penelitian menjadi tiga kelompok berdasarkan varian gen yang sensitif terhadap lemak diet, yang sensitif terhadap karbohidrat, dan mereka yang tidak memiliki sensitivitas semacam itu.

Setelah itu, periset memberikan pola diet yang sesuai terhadap masing-masing kelompok.

Hasilnya, ternyata jenis diet tidak berpenagruh terhadap gen yang terkandung di dalam tubuh manusia.

Baca juga: Ternyata, Mengurangi Karbohidrat Bukan Cara Diet Terbaik

Ini terbukti saat peserta riset melakukan diet rendah lemak atau karbohidrat, mereka tetap mengalami penurunan berat badan tanpa tergantung pada jenis gen yang mereka miliki.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Techtimes
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.