Kompas.com - 24/02/2018, 12:59 WIB
Ilustrasi minum minuman manis bersoda eugenesergeevIlustrasi minum minuman manis bersoda

KOMPAS.com - Banyak orang mengonsumsi satu sampai dua kaleng soda setiap harinya. Padahal, riset terbaru menemukan bahwa konsumsi soda walau dalam jumlah kecil dapat meningkatkan risiko kanker.

Peneliti mempelajari lebih dari 35.000 pria dan wanita dari Australia, di mana 3.283 orang mengalami kanker yang terkait obesitas karena minum soda setiap hari.

"Para periset menemukan bahwa orang yang minum soda memiliki risiko tinggi mengembangkan berbagai jenis kanker dibandingkan dengan mereka yang tidak minum soda," ucap Allison Hodge selaku pemimpin riset.

Profesor Hodge melihat banyaknya jenis kanker terkait obesitas, seperti ginjal, payudara pasca menopause, pankreas, hati, prostat, kantong empedu, dan masih banyak lainnya.

Penelitian yang dilakukan oleh sekelompok peneliti dari The Cancer Council Victoria ini menemukan bahwa penyebab kanker bukan karena kelebihan berat badan.

Periset juga menemukan bahwa orang yang tidak mengalami obesitas pun memiliki risiko terkena kanker akibat konsumsi soda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan, menurut Profesor Hodge, mereka yang mengonsumsi soda diet juga beresiko mengalami obesitas yang sama besarnya dengan mereka yang mengonsumsi soda biasa, yang juga mengandung risiko penyakit jantung.

Kanker bukan satu-satunya kondisi kesehatan yang terkait dengan mengkonsumsi soda. Soda dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, kerusakan gigi, dan asam urat.

Sebuah penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa 80.000 wanita yang mengonsumsi sekaleng soda setiap hari memiliki risiko 75 persen lebih tinggi terkena asam urat daripada wanita yang jarang mengonsumsi minuman tersebut.

Hasil serupa juga ditemukan  periset saat meneliti para pria. Penelitian juga menunjukkan bahwa minuman ini berkontribusi terhadap diabetes.

Halaman:


Sumber Techtimes
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.