Kompas.com - 24/02/2018, 13:20 WIB
Ilustrasi gigi putih KurhanIlustrasi gigi putih

KOMPAS.com - Para ahli telah memperingatkan bahwa mengonsumsi teh buah, keripik asin dan cuka bisa menyebabkan erosi pada gigi.

Masalahnya, kita sering tergoda menikmati teh buah daripada teh biasa atau lebih memilih camilan asin daripada manis sebagai hidangan pencuci mulut.

Namun, periset dari King's College London juga menemukan bahwa mengonsumsi makanan dan minuman asam, terutama di sela waktu makan, bisa berakibat fatal bagi kondisi gigi kita.

Riset yang dipublikasikan dalam British Dental Journal menganalisis perbandingan pola diet 300 orang yang memiliki tanda erosi gigi akut dan 300 orang yang memiliki gigi sehat.

Periset menyimpulkan bahwa minum minuman asam dua kali sehari, termasuk minuman seperti soda, air dengan irisan lemon atau teh buah panas, membuat seseorang 11 kali lebih berisiko menderita erosi gigi.

Minuman dengan tambahan buah atau perasa buah bukan satu-satunya hal yang ditemukan sebagai penyebab utama erosi gigi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Produk makanan lainnya termasuk permen rasa buah dan produk yang telah diolah atau mengandung cuka - seperti keripik rasa asin dan asam - juga menjadi penyebab utama kerusakan gigi.

Mencicipi wine juga berpotensi merusak gigi seseorang. Sebaiknya, kita menikmati wine dengan membiarkannya berada di dalam mulut dalam waktu lebih lama.

Baca :Mari, Menguak Fakta tentang Pasta Gigi

Bukan hanya apa yang kita makan atau minum, tapi seberapa sering kita mengonsumsinya akan secara bertahap bisa mengikis gigi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
MORE-ABOUT-SEX-EDUCATION
4 Gangguan Ini Jadi Penyebab Siklus Menstruasi Enggak Lancar!
4 Gangguan Ini Jadi Penyebab Siklus...
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.