6 Cara Hilangkan Kesepian Saat Depresi Melanda

Kompas.com - 26/02/2018, 20:59 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Depresi adalah salah satu kondisi mental tersulit untuk dihadapi, karena bahkan gejalanya saja dapat menghancurkan tekad dan energi untuk melakukan segala kegiatan yang biasanya kita cintai.

Memang lebih mudah untuk diucapkan daripada dilakukan, namun di saat kita merasa lelah dan terperangkap dalam kesendirian, ini adalah waktu yang tepat untuk mendorong diri agar tetap aktif melakukan segala sesuatu yang bisa membuat kita tenang dan kembali bersemangat.

Lawan suara hati yang menghantui kita dan yang berkata bahwa tidak ada satupun yang dapat membuat kita merasa lebih baik. Ingat, menyerah pada energi negatif akan membuat depresi semakin menguasai.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kita lakukan saat sedang terpuruk.

1. Baca buku, nonton film, atau serial TV

Kadang, ketika segala hal terasa sulit, membaca buku, menonton film, atau serial TV dengan konten dan jalan cerita (atau tokoh) yang familiar akan memberi kesempatan untuk melarikan diri sesaat dari realitas menuju dunia lain selama beberapa saat.

Membaca atau menonton tayangan yang menjelaskan segala detail mengenai proses berpikir, emosi, dan situasi yang sedang kita alami bisa sangat menghibur dan menenangkan.

Walau begitu sebaiknya pilih tema-tema yang menghibur, menyemangati, atau membuat kita sadar bahwa ada banyak hal yang bisa dilakukan selain menyerah pada depresi. Artinya jangan memilih tema-tema sedih atau putus asa.

Baca juga : 10 Manfaat Mengapa Anda Harus Membaca Setiap Hari
 
2. Main dengan binatang

Studi menunjukkan bahwa interaksi dengan binatang dapat meningkatkan kualitas kesehatan mental dan hidup kita secara keseluruhan.

Jadi, ajak main kucing atau anjing kesayangan, atau kunjungi cats cafe atau dogs cafe terdekat, jika ada. Atau cari penampungan hewan terdekat, dan tawarkan bantuan sukarela untuk merawat binatang-binatang yang ada di sana.

Baca juga : Lucunya Hewan Peliharaan Bikin Kita Tak Kesepian dan Sehatkan Mental

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X