Kompas.com - 27/02/2018, 09:50 WIB
Ilustrasi anak sakit gigi TolikoffPhotographyIlustrasi anak sakit gigi
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Jika kamu selama ini sudah rajin gosok gigi dua kali sehari, berkumur, menyikat lidah, dan menggunakan benang gigi (dental floss), pertahankanlah terus. Kebiasaan menjaga kebersihan mulut dan gigi patut dipelihara seumur hidup.

Namun akan jauh lebih bagus jika kamu mengimbanginya dengan tidak mengonsumsi minuman dan makanan yang bisa merusak gigi. Sejumlah makanan di bawah ini tanpa disadari bisa menyebabkan sakit gigi hingga gigi berlubang. Apa saja ya?

1. Permen asam

Ilustrasi permen Gummy Bears. (Newsweek) Ilustrasi permen Gummy Bears. (Newsweek)
Tidak mengherankan jika permen menduduki peringkat pertama sebagai makanan penyebab sakit gigi dan gigi berlubang. Namun ternyata tidak cuma permen manis bergula yang bisa merusak gigi. Permen asam pun efeknya bisa jauh lebih merusak.

Hampir semua jenis permen asam memiliki kandungan asam yang sangat tinggi yang dapat mengikis enamel, lapisan terluar gigi.

Parahnya lagi, menyikat gigi setelah makan permen asam tidak bisa mencegah kerusakan tersebut — yang ada malah makin memperparah. Ya. Jika enamel gigi sudah terlanjur pecah, menyikat gigi justru semakin mengikisnya.

Selain itu, permen asam umumnya memiliki tekstur kenyal sehingga dapat menempel pada gigi tanpa disadari dalam jangka waktu yang lama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sisa permen asam yang menempel ini bisa menyebabkan plak yang lama-lama membusuk menggerogoti gigi jika tidak dibersihkan dengan benar.

2. Soda

.THINKSTOCK .
Minuman soda mengandung gula yang sangat tinggi, yang sudah dikenal sebagai penyebab sakit gigi berlubang. Selain itu, sifat sodanya dapat membuat mulut kering. Kondisi mulut kering adalah ladang bagi bakteri jahat untuk semakin melancarkan aksinya merusak gigi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.