Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/02/2018, 09:50 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Jika kamu selama ini sudah rajin gosok gigi dua kali sehari, berkumur, menyikat lidah, dan menggunakan benang gigi (dental floss), pertahankanlah terus. Kebiasaan menjaga kebersihan mulut dan gigi patut dipelihara seumur hidup.

Namun akan jauh lebih bagus jika kamu mengimbanginya dengan tidak mengonsumsi minuman dan makanan yang bisa merusak gigi. Sejumlah makanan di bawah ini tanpa disadari bisa menyebabkan sakit gigi hingga gigi berlubang. Apa saja ya?

1. Permen asam

Ilustrasi permen Gummy Bears. (Newsweek) Ilustrasi permen Gummy Bears. (Newsweek)
Tidak mengherankan jika permen menduduki peringkat pertama sebagai makanan penyebab sakit gigi dan gigi berlubang. Namun ternyata tidak cuma permen manis bergula yang bisa merusak gigi. Permen asam pun efeknya bisa jauh lebih merusak.

Hampir semua jenis permen asam memiliki kandungan asam yang sangat tinggi yang dapat mengikis enamel, lapisan terluar gigi.

Parahnya lagi, menyikat gigi setelah makan permen asam tidak bisa mencegah kerusakan tersebut — yang ada malah makin memperparah. Ya. Jika enamel gigi sudah terlanjur pecah, menyikat gigi justru semakin mengikisnya.

Selain itu, permen asam umumnya memiliki tekstur kenyal sehingga dapat menempel pada gigi tanpa disadari dalam jangka waktu yang lama.

Sisa permen asam yang menempel ini bisa menyebabkan plak yang lama-lama membusuk menggerogoti gigi jika tidak dibersihkan dengan benar.

2. Soda

.THINKSTOCK .
Minuman soda mengandung gula yang sangat tinggi, yang sudah dikenal sebagai penyebab sakit gigi berlubang. Selain itu, sifat sodanya dapat membuat mulut kering. Kondisi mulut kering adalah ladang bagi bakteri jahat untuk semakin melancarkan aksinya merusak gigi.

Soda seperti kola dan minuman berwarna gelap lainnya lainnya juga dapat merusak warna asli gigi. Efeknya, gigi akan terlihat lebih gelap dan kusam.

Menyikat gigi setelah minum soda justru bisa mempercepat pembusukan. Ada baiknya untuk berkumur dan minum banyak air putih untuk membuang sisa-sisa minuman yang masih menempel di gigi.

3. Es batu

Ilustrasi es batuMaridav Ilustrasi es batu
Banyak orang yang hobi mengunyah es batu sembari menghabiskan minuman dinginnya. Namun, kebiasaan ini buruk bagi kesehatan mulut dan gigi.

American Dental Association menyatakan bahwa mengunyah es bisa merusak email gigi sehingga gigi jadi lebih sensitif dan rentan patah atau retak. Memaksa mengunyah es batu yang keras juga bisa membuat gigi lama-lama longgar dan rentan copot.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com