Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Kulit "Bening", Perlukah 10 Tahapan Perawatan Kulit?

Kompas.com - 27/02/2018, 12:00 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Ingin memiliki kulit wajah yang sehat dan "bening" seperti wanita-wanita Korea tetapi malas mengikuti 10 langkah skin care mereka? Tenang, yang terpenting adalah melakukan empat tahapan skin care ini.

Perawatan kulit dengan tahapan yang banyak, menurut dr.Anesia Tania, Sp.KK, disebabkan karena proses pelembaban kulitnya yang bertahap-tahap.

"Dimulai dari pemakaian esens sampai moisturizer. Pada beberapa orang, semakin banyak tahap moisturizer memang akan semakin bagus untuk kulit," kata Anesia.

Meski begitu, untuk orang yang kulitnya bermasalah atau sensitif, menurut Anesia, semakin banyak produk yang dipakai justru semakin jelek hasilnya.

"Kalau ada yang enggak cocok, jadi sulit tahu produk apa yang menyebabkannya. Paling bagus sih sedikit-sedikit dulu, apalagi yang baru mulai skin care," ujar dokter dari klinik Zap ini.

Menurut Anesia, untuk mendapatkan kulit yang bersih, sehat, dan "bening", sebenarnya ada empat tahapan esensial yang wajib dilakukan.

"Yang pertama adalah membersihkan wajah dari sisa make up atau pun debu. Kemudian dilembabkan, dilindungi dari sinar matahari dengan pemakaian tabir surya, dan eksfoliasi yang bisa dilakukan seminggu sekali," paparnya.

(Baca juga: Kebiasaan Pagi yang Berdampak Buruk pada Kulit)

Sementara itu untuk perawatan malam hari, intinya sama saja, hanya saja untuk kelembaban kulit bisa dipakai produk yang memiliki zat aktif sesuai dengan kebutuhan kulit.

"Kalau malam pilih yang zat aktifnya tinggi, karena regenerasi kulit lebih bagus di malam hari, jadi pilih yang lebih kaya kandungan krimnya. Misalnya pakai yang mengandung whitening untuk yang ada vlek atau serum untuk menyamarkan kerutan," kata Anesia.

Proses eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati, bisa dilakukan seminggu sekali. Proses ini bisa dilakukan secara mekanik, misalnya dengan scrub wajah atau cleaning brush.

"Bisa juga eksfoliasi secara kimiawi, yaitu memakai zat-zat yang fungsinya untuk mengelupas atau mengangkat sel kulit mati. Biasanya di lakukan di klinik dokter," katanya.

Anesia mengatakan, ada beberapa produk skin care Korea yang mengandung bahan asam untuk eksfoliasi kulit.

"Tapi kadang mereka menjualnya sebagai produk yang bisa dipakai setiap hari. Akibatnya bisa tidak cocok karena berlebihan, efeknya kulit jadi kemerahan atau berjerawat," ungkapnya.

(Baca juga: Tiru Perawatan Kulit dari 5 Selebriti Korea)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com