Kompas.com - 27/02/2018, 16:29 WIB
Buah apel pexelsBuah apel
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Buah dan sayur adalah sumber nutrisi yang baik dan penting bagi tubuh. Namun banyak dari kita yang hanya mengambil bagian daging buahnya saja untuk dimakan. Begitu pun dengan sayur.

Padahal bagian batang, akar, biji, atau kulitnya bisa kita konsumsi dan ternyata bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah daftar bagian buah dan sayur yang ternyata baik untuk kesehatan.

1. Kulit apel

Saat Anda masih kecil, orangtua kita mungkin terbiasa menyajikan buah apel yang sudah dibersihkan kulitnya sebagai camilan. Ini dilakukan karena kulitnya sering kali agak keras dan sulit hancur ketika dikunyah.

Namun, kita perlu tahu bahwa kulit apel mengandung quercetin, yaitu antioksidan yang menjaga kesehatan paru-paru dan otak.

Selain itu, apel yang dimakan bersamaan dengan kulitnya mengandung lebih banyak serat dan vitamin dibanding hanya memakan apel yang sudah dibersihkan kulitnya.

Bila tidak menyukai teksturnya yang keras, kamu bisa menikmati buah apel sekaligus dengan kulitnya dengan cara dibuat jus. Ini akan lebih mudah disantap dan rasanya tentu tetap nikmat. Namun, pastikan buahnya sudah dicuci bersih.

2. Kulit buah sitrus

Ada banyak jenis buah sitrus, seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan masih banyak lagi. Sering kali kita membuang bagian kulit itu karena dianggap tidak layak untuk dimakan.

Namun, dilansir dari Hufftington Post, sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2004 menunjukkan bahwa kulit buah sitrus lebih ampuh menurunkan kolesterol dibanding dengan beberapa obat yang diresepkan oleh dokter.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X