Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagian Buah dan Sayur yang Sering Dibuang, Padahal Banyak Manfaatnya

Kompas.com - 27/02/2018, 16:29 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Buah dan sayur adalah sumber nutrisi yang baik dan penting bagi tubuh. Namun banyak dari kita yang hanya mengambil bagian daging buahnya saja untuk dimakan. Begitu pun dengan sayur.

Padahal bagian batang, akar, biji, atau kulitnya bisa kita konsumsi dan ternyata bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah daftar bagian buah dan sayur yang ternyata baik untuk kesehatan.

1. Kulit apel

Saat Anda masih kecil, orangtua kita mungkin terbiasa menyajikan buah apel yang sudah dibersihkan kulitnya sebagai camilan. Ini dilakukan karena kulitnya sering kali agak keras dan sulit hancur ketika dikunyah.

Namun, kita perlu tahu bahwa kulit apel mengandung quercetin, yaitu antioksidan yang menjaga kesehatan paru-paru dan otak.

Selain itu, apel yang dimakan bersamaan dengan kulitnya mengandung lebih banyak serat dan vitamin dibanding hanya memakan apel yang sudah dibersihkan kulitnya.

Bila tidak menyukai teksturnya yang keras, kamu bisa menikmati buah apel sekaligus dengan kulitnya dengan cara dibuat jus. Ini akan lebih mudah disantap dan rasanya tentu tetap nikmat. Namun, pastikan buahnya sudah dicuci bersih.

2. Kulit buah sitrus

Ada banyak jenis buah sitrus, seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan masih banyak lagi. Sering kali kita membuang bagian kulit itu karena dianggap tidak layak untuk dimakan.

Namun, dilansir dari Hufftington Post, sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2004 menunjukkan bahwa kulit buah sitrus lebih ampuh menurunkan kolesterol dibanding dengan beberapa obat yang diresepkan oleh dokter.

Senyawa flavon polmoksilasi berguna untuk mencegah penyakit jantung dan peradangan di tubuh. Rasanya memang pahit bila kita memakannya langsung, jadi kita bisa mengolahnya terlebih dahulu.

Caranya, rendam bagian kulit jeruk di dalam air, potong sesuai keinginan, dan campurkan pada menu masakan yang akan kita buat.

3. Daun buah bit

Mungkin hanya sedikit orang yang tahu tentang buah bit. Buah ini termasuk jenis tanaman umbi-umbian yang menyerupai kentang yang berwarna ungu kemerahan.

Biasanya orang-orang hanya mengonsumsi bagian akarnya saja. Namun, daun pada tanaman ini ternyata juga bisa dikonsumsi.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com