Mengapa Seks Setelah Olahraga Terasa Lebih Menggairahkan?

Kompas.com - 27/02/2018, 21:42 WIB
Ilustrasi olahraga bersama pasangan oneinchpunchIlustrasi olahraga bersama pasangan
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com Beberapa orang mengatakan bahwa seks setelah olahraga merupakan waktu terbaik. Mengapa demikian? Pasalnya, gairah seksual seseorang lebih meningkat setelah olahraga.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa melakukan hubungan seksual setelah olahraga akan meningkatkan gairah seksual. Efek ini terjadi pada pria maupun wanita.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Archives of Sexual Behavior melaporkan bahwa pria yang melakukan olahraga 60 menit per hari, selama tiga sampai lima hari seminggu, dapat mengalami peningkatan gairah seksual yang jauh lebih besar.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine melaporkan bahwa olahraga jangka pendek sekitar 20 menit secara signifikan meningkatkan gairah seksual wanita. Lalu bagaimana bisa seks setelah olahraga lebih terasa menggairahkan?

1. Hormon meningkat setelah berolahraga

Setelah berolahraga, hormon-hormon dalam tubuh meningkat sehingga membuat seseorang merasa bergairah. Hormon ini termasuk adrenalin dan dopamin. Selain itu, peningkatan hormon testosteron alami juga terjadi dalam waktu satu jam setelah berolahraga.

Testosteron adalah hormon reproduksi pria yang mendorong gairah seksual pria dan berperan dalam pembentukan kepadatan tulang dan kekuatan otot. Oleh karena itu, latihan kekuatan adalah latihan terbaik untuk meningkatkan gairah seksual.

Menurut penelitian, olahraga dengan pasangan akan lebih baik lagi. Karena wanita dengan kadar testosteron lebih tinggi cenderung memiliki hasrat seks yang lebih tinggi pula.

Baca juga : Ini Dia 6 Manfaat Hormon Testosteron di Tubuh Pria

2. Aliran darah meningkat

Olahraga meningkatkan aliran darah ke setiap bagian tubuh, termasuk ke organ seksual. Aliran darah ini akan meningkatkan respon seksual. Pria mungkin mengalami ereksi yang lebih keras, karena darah mengalir pada tingkat yang lebih tinggi.

Selain itu, menurut ahli urologi dan kesehatan seksual, peningkatan aliran darah dapat menyebabkan orgasme sedikit lebih cepat dari biasanya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X