Benarkah Tak Boleh Minum Susu Setelah Makan Ikan?

Kompas.com - 28/02/2018, 05:12 WIB
Ilustrasi susu dan ikan piotr_malczykIlustrasi susu dan ikan
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Banyak yang percaya kalau setelah makan ikan dilarang minum susu. Katanya, hal tersebut akan menyebabkan keracunan.

Bahkan, ada yang takut makan ikan dan minum susu sekaligus, karena tak ingin mengalami masalah kulit seperti gatal-gatal atau memerah.

Sebenarnya, apakah tidak boleh minum susu setelah makan ikan? Ataukah hal tersebut hanya sekadar mitos?

Pada dasarnya, susu dan ikan adalah sumber protein yang baik bagi tubuh. Protein sendiri dibutuhkan untuk memperbaiki dan membuat jaringan dan sel-sel baru, karena itu zat ini sangat penting.

Lantas, apa hubungannya minum susu dengan makan ikan? Apakah benar bisa menimbulkan gangguan kesehatan tertentu jika dikonsumsi bersamaan?

Sampai saat ini tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa minum susu setelah makan ikan menimbulkan dampak yang buruk.

Justru sebaliknya, ada beberapa teori yang menyatakan bahwa keduanya bisa saling melengkapi sebagai sumber protein.

Bahkan ada banyak menu makanan yang berbahan dasar ikan sekaligus susu. Tak hanya rasanya yang enak dan lezat, kandungan nutrisinya jadi sangat kaya, penuh dengan protein, mineral, serta vitamin.

Jadi, tak perlu khawatir jika kamu baru saja makan ikan dan kemudian minum susu atau mengonsumsi menu makanan yang mengandung keduanya.

Sebenarnya, masalah kulit yang disebut bisa timbul akibat minum susu setelah makan ikan bisa saja terjadi jika seseorang memiliki alergi terhadap salah satu bahan makanan tersebut.

Jadi, pastikan kamu tidak memiliki alergi susu, intoleransi laktosa, atau alergi ikan. Hal ini yang kemudian menimbulkan berbagai gejala dan gangguan kulit.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X