5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Bikin Kulit Kusam dan Rusak

Kompas.com - 28/02/2018, 10:55 WIB
Ilustrasi merokok dan minum minuman beralkohol Steve MasonIlustrasi merokok dan minum minuman beralkohol
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sudah rajin cuci muka, tapi kok kulit tetap kusam? Atau sudah menggunakan pelembap yang mengandung formula mencerahkan kulit, namun tetap saja tidak ada perubahan besar pada kulit?

Ya, menghilangkan kulit kusam tidak bisa hanya dengan menggunakan produk kecantikan saja, tapi kita juga harus mengubah kebiasaan sehari-hari. Banyak orang tak menyadari kalau kebiasaan tertentu membuat kulitnya tidak sehat.

Apa saja kebiasaan yang bisa bikin kulit jadi kusam dan tak cerah?

1. Suka begadang

Jika kamu merasa punya kulit kusam, coba lihat lagi bagaimana jadwal tidur belakangan ini. Bisa jadi, hal ini salah satu penyebab dari kulit yang susah cerah.

Pasalnya, saat tubuh dalam kondisi tidur, sistem imun akan membentuk kolagen dan keratin. Kedua zat ini berguna untuk mengencangkan dan menyehatkan kulit.

Karena begadang, maka tidak ada kesempatan zat tersebut diproduksi di dalam tubuh. Hasilnya, kulit jadi terlihat lebih kusam, kantung mata semakin menebal dan berwarna kehitaman.

Maka itu, usahakan untuk tidur selama 7-8 jam setiap malam dan atur jadwal tidur yang teratur setiap harinya.

Baca juga : Dampak Kurang Tidur: Dari Cepat Pikun Sampai Depresi

2. Tidak bisa mengelola stres

Mungkin juga, kamu stres dan tertekan belakangan ini. Stres dapat membuat kulit tampak kusam dan kumal. Sebenarnya, stres itu wajar saja, namun jika terlalu berlarut-larut, kondisi ini bisa menimbulkan gangguan kesehatan, termasuk kesehatan kulit. Maka itu, kamu harus mengelola stres dengan baik.

Bila saran klise seperti menarik nafas dalam-dalam dan minum teh herbal hangat masih dirasa kurang efektif untuk meredakan stres, coba cara lain yang dapat membuat tubuh dan pikiran tenang, misalnya pijat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X