Kompas.com - 28/02/2018, 12:21 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Beberapa kebiasaan harian ternyata berdampak kurang baik bagi kulit, bahkan bisa menimbulkan kerusakan kulit. Tapi, kadang kita tidak menyadari hal itu.

Salah satunya menggunakan loofah alias sabut mandi untuk menggosok tubuh saat mandi.

Padahal, sebagian orang berpikir sabut mandi bisa memaksimalkan penghilangan kotoran di tubuh.

Mengapa menggunakan sabut mandi bisa merusak kulit? Dermatologis sekligus penulis "The Beauty of Dirty Skin", Whitney Bowe, MD menjelaskannya.

Penggunaan sabut mandi ternyata bisa membahayakan bakteri baik pada kulit. "Untuk merawat kesehatan kulit, kita harus melindungi bakteri baik yang menjaga kulit kita tetap sehat," kata Bowe.

Bowe menambahkan, penelitian telah menunjukkan bahwa bakteri baik bisa membantu menghindari infeksi, mengontrol inflamasi atau peradangan, penyembuhan luka, dan menjaga kulit tetap terlihat muda.

Untuk melakukan pembersihan kulit secara total, Bowe pun menyarankan melakukan eksfoliasi kulit atau pengangkatan sel kulit mati.

"Daripada pembersihan kulit secara kasar dengan sabut mandi dan bisa membuat kulit luka, lakukan lah eksfoliasi dengan tangan. Tidak lebih dari dua kali seminggu," ujarnya.

Di samping penggunaan sabut mandi, beberapa kebiasaan harian juga disebut dapat merusak kulit.

Baca juga : Kesalahan yang Kerap Dilakukan Saat Mandi

Mulai dari penggunaan air panas saat mandi, melewatkan cuci muka dengan sabun, melupakan tabir surya, hingga kebiasaan makan dan minum seperti minum alkohol serta merokok.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.