Perilaku Masa SMA Pengaruhi Kesuksesan Karir

Kompas.com - 28/02/2018, 15:00 WIB
Calon mahasiswa harus rajin melakukan riset untuk menentukan jurusan dan kampus yang tepat untuk studinya. Jacob Ammentorp LundCalon mahasiswa harus rajin melakukan riset untuk menentukan jurusan dan kampus yang tepat untuk studinya.

KOMPAS.com - Sebuah riset yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology membuktikan bahwa perilaku kita di masa SMA dapat memprediksi pendapatan dan kesuksesan karir di masa depan.

Periset menemukan bahwa siswa yang menunjukkan antusiasme dan tanggung jawab besar pada sekolahnya memiliki kesuksesan karir dan pendapatan yang lebih besar dibanding mereka yang santai selama sekolah.

Hasil riset tersebut bahkan berlaku hingga 11 sampai 50 tahun sejak siswa tersebut lulus SMA.

Fakta ini terlepas dari tingkat IQ yang dimiliki oleh para siswa, pendapatan orang tua atau sifat kepribadian mereka. 

Selain itu, periset juga menemukan bahwa mereka yang memiliki sedikit masalah dalam membaca dan menulis juga dapat memprediksi pendapatan masa depan dan kesuksesan karir.

Menurut ketua peneliti Marion Spengler,  hal-hal yang terjadi pada periode tertentu kehidupan seseorang dapat berjalan dengan cara yang jauh lebih signifikan daripada yang diharapkan.

Temuan ini didasarkan pada analisis data dari 346.660 siswa SMA Amerika pada tahun 1960. Periset juga menggabungkan data tindak lanjut dari 81.912 siswa tersebut setelah 11 tahun dan 1.952 di antaranya setelah 50 tahun usai mereka lulus SMA.

Minat di sekolah dan tanggung jawab diukur dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa seperti apakah mereka memperhatikan guru di kelas, mengerjakan tugas dan semacamnya.

Menurut para periset, ini adalah penelitian longitudinal pertama yang menunjukkan bahwa karakteristik siswa dan pola perilaku di sekolah terkait dengan hasil kehidupan nyata. 

Spengler percaya bahwa sebagian besar hal ini dapat dijelaskan oleh pencapaian pendidikan selanjutnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber nypost.com
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X