Kompas.com - 01/03/2018, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Liburan keluarga sudah menjadi agenda wajib keluarga kelas menengah di Indonesia. Anak-anak ternyata juga menunggu momen liburan dan bepergian dengan orangtuanya.

Menurut survei Kidpinions dari situs penyewaan HomeAway dan majalah FamilyFun, ternyata banyak anak yang dilibatkan orangtuanya untuk merencanakan liburan.

Survei yang dilakukan terhadap lebih dari 500 orangtua di Amerika itu juga menunjukkan 87 persen orangtua mengijinkan anak mereka menentukan tempat liburan.

"Anak-anak tidak mencari liburan mewah keliling dunia. Mereka hanya ingin kamar sendiri, kolam renang, dan waktu jeda dari orangtuanya," kata juru bicara HomeAway, Melanie Fish.

Dua destinasi wisata favorit anak-anak adalah theme park (seperti Universal Studio atau Disneyland) dan pantai.

Hal-hal yang mereka inginkan saat libuaran antara lain tinggal di hotel atau villa, mengajak temannya, dan mencoba hal-hal baru.

Anak-anak juga lebih suka rileks saat liburan. Sekitar 58 persen pengatakan mereka akan bangun siang, dan 55 persen berharap mereka bisa mengonsumsi junk food yang biasanya dilarang di rumah.

"Dari survei ini terungkap bahwa anak-anak ingin sedikit petualangan dan sedikit rileksasi," kata Fish.

Anak-anak "zaman now" tampaknya sudah memahami mengapa traveling sangat istimewa. Itu sebabnya 43 persen menjawab lebih suka diajak jalan-jalan ketimbang kado saat ulang tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Parents
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.