Penyebab Otot Tak Terbentuk Walau Rajin Nge-Gym

Kompas.com - 01/03/2018, 09:00 WIB
Latihan beban gpointstudioLatihan beban
JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang pergi ke gym, selain untuk kebugaran, menguruskan badan, juga membentuk otot. Biasanya yang memiliki tujuan ini adalah pria karena ingin memiliki bentuk tubuh bagus sebagai bonus tubuh yang bugar.
 
Namun, tak sedikit yang sulit mencapai goal tersebut. Otot tak kunjung terbentuk, meskipun rutin, nge-gym. Jadi, apa yang salah?
 
Menurut National Group Fitness Manager Celebrity Fitness Indonesia, Triesca Arisandy, penyebab pertama yakni karena ketidaktahuan seputar latihan di gym.
 
Penting sekali untuk mengetahui seluk-beluk soal latihan, kombinasinya, hingga asupan makan yang tepat. 
 
"Kalau latihan sendiri kita enggak tahu gerakannya apakah pas untuk badan atau gerakan yang dibutuhkan dan apa yang perlu dilatih. Karena itu, saat awal penting untuk memakai jasa personal trainer untuk didampingi dan diassest pertama kali soal kebutuhan dan apa yang harus dilakukan," kata Triesca kepada Kompas Lifestyle saat peluncuran logo baru Celebrity Fitness, Jakarta, Rabu (28/2/2018).
 
Selain itu, latihan monoton juga bisa menyebabkan otot tak kunjung terbentuk. Triesca mengatakan perlu latihan kombinasi agar bisa memberikan efek pembentukan otot tubuh yang maksimal.
 
Membentuk otot di gym juga kurang efektif jika dilakukan setiap hari. Mengapa demikian?
 
Menurut penelitian, pemulihan tubuh butuh waktu sekitar 48 jam untuk bisa mengembalikan ke performa sama. Dengan demikian, jika latihan angkat beban pada hari Senin jam tujuh malam, maka performa akan kembali normal pada hari Rabu jam tujuh malam. 
 
"Jika ingin latihan setiap hari, harus beda kombinasi latihan. Misal hari Senin angkat beban, Selasa cycling, kemudian hari seterusnya berbeda lagi," katanya.
 
Triesca juga menyoroti soal pola makan. Penting agar menjaga makanan dengan nutrisi seimbang, misalnya tidak makan karbohidrat berlebih atau kurang.
 
Triesca tak menampik tambahan suplemen protein dapat memengaruhi pembentukan otot. Namun, jika sudah merasa asupan protein, maka tak lagi diperlukan.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X