Kompas.com - 01/03/2018, 12:10 WIB
Tomat ungu seperti buah blueberry merupakan pangan rekayasa genetika hasil temuan ilmuwan Inggris. Sciencedaily.comTomat ungu seperti buah blueberry merupakan pangan rekayasa genetika hasil temuan ilmuwan Inggris.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ultraviolet menjadi tren di 2018 dan telah dinobatkan sebagai Pantone colour of the year sebagai acuan warna. Nuansa violet dan ungu pun menjadi tren di dunia fesyen.

Namun, ternyata ungu tak hanya menjadi tren di dunia fesyen melainkan juga di dunia makanan.

Kepala Pusat Studi Pangan dan Gizi UGM, Prof. Dr. Ir. Umar Santoso, M.Sc menjelaskan, "purple power" menjadi salah satu dari tren pangan pada food market global expert 2017.

"Purple power. Warna alami. Warna yang tren cenderung ungu seperti jagung ungu, beras hitam. Hitam itu ungu campur hitam," kata Umar dalam sebuah talkshow di Jakarta Creative Hub, Jakarta Pusat, Rabu (28/2/2018).

Namun, Umar mengatakan bahwa tren ini berbeda dengan tren warna ungu pada dunia fesyen.
Ungu menurutnya adalah lambng antosianin sebagai antioksidan yang banyak digunakan sebagai pewarna makanan alami.

Warna ungu memang lebih menonjol daripada warna lainnya, meskipun warna lainnya menurut Umar juga memiliki potensi. Misalnya merah yang juga antioksidan.

Es krim kelapa dengan tomat cherry, jadi salah satu hidangan street food Chiangmai, Thailand.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Es krim kelapa dengan tomat cherry, jadi salah satu hidangan street food Chiangmai, Thailand.
Beberapa makanan ungu memiliki bahan dasar tanaman ungu, misalnya ubi ungu, terong ungu, kubis ungu, jagung ungu, asparagus ungu, dan lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Memang lebih bergizi dan berkhasiat daripada yang tidak ungu," kata dia.

Mengacu tren global tersebut, Umar melihat Indonesia sebetulnya punya peluang besar untuk menggalinya lebih jauh. Seperti memanfaatkan ubi ungu atau beras hitam.

Namun, tak sedikit pula negara yang berpotensi menjadi saingan Indonesia dalam mengembangkan pangan berwarna ungu tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.