Kompas.com - 02/03/2018, 09:19 WIB
Ilustrasi berlari huasuiIlustrasi berlari
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Olahraga low impact atau high impact sama-sama bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, membakar kalori, dan membantu mengatur berat badan.

Sebutan low impact dan high impact ini berbeda dengan intensitas tinggi dan rendah (high intensity dan low intensity) yang mungkin sering kita dengar.

Sebutan low impact dan high impact ini mengacu pada dampaknya pada persendian. Nah, tapi dari perbedaan itu mana yang lebih baik untuk turunkan berat badan?

Apa itu olahraga low impact?

Olahraga low impact adalah olahraga yang gerakan kedua kakinya atau salah satu kakinya masih menempel di lantai sepanjang sesi olahraga. Contohnya, berjalan, yoga, bersepeda, berenang, dan lain-lain.

Latihan olahraga low impact biasanya direkomendasikan bagi para pemula yang baru memulai olahraga, orang yang mengalami berat badan lebih dan obesitas, yang sedang hamil, atau sedang mengalami cedera saraf atau tulang.

Yoga Class, Group of People Relaxing and Doing Yoga. Childs Pose. Wellness and Healthy Lifestyle.EpicStockMedia Yoga Class, Group of People Relaxing and Doing Yoga. Childs Pose. Wellness and Healthy Lifestyle.
Olahraga ini baik untuk mereka karena bisa mengurangi risiko yang lebih berat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Olahraga low impact bukan berarti intensitasnya rendah daripada olahraga high impact. Bukan berarti juga low impact tidak bisa membakar banyak lemak. Olahraga ini hanya memberikan beban yang lebih rendah pada sendi di setiap gerakan, tapi bukan berarti tidak butuh energi.

Apa itu olahraga high impact?

Olahraga high impact melibatkan gerakan dengan hentakan seperti saat melompat. Dikatakan latihan high impact jika ada saat di mana kedua kaki tidak menginjak lantai atau tanah pada saat yang bersamaan.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.