Kompas.com - 02/03/2018, 13:30 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Meski make up bisa menyamarkan wajah kita yang pucat ketika sakit, namun ada beberapa produk make up yang juga bisa menampung kuman yang justru jadi penyebab kita jatuh sakit.

Morgan Statt, pengamat kesehatan dan keselamatan untuk ConsumerSafety.org, mengatakan, sebenarnya ada banyak risiko kesehatan terkait kosmetik yang perlu kita pertimbangkan.

Terdapat kuman penyebab flu yang dapat hidup dalam kosmetik yang kita pakai, bersama dengan jenis bakteri lain yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Produk kosmetik yang berpotensi besar membuat kita jatuh sakit adalah produk kosmetik untuk bibir.

Menurut Morgan Statt,  sebaiknya produk untuk bibir dibuang setelah kita pakai usai jatuh sakit.

"Lapisan bibir adalah pintu gerbang alami saluran pernapasan yang memberi kalian risiko infeksi dan penyakit tambahan," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain mengadung kuman penyebab flu, produk bibir juga bisa menyebarkan virus herpes simplex (HSV-1).

Tapi, jika kalian tidak ingin membuang lipstik kesayangan, Morgan Statt merekomendasikan para wanita agar memotong bagian atas lipstik tersebut.

Kabar baiknya lagi, kalian juga bisa menyeka lapisan atas dengan tisu dan membersihkan tabung lipstik dengan alkohol agar steril.

Demi memastikan semua kuman tersebut mati, putar tabung lipstik agar sebagian besar produk terbuka dan masukkan ke dalam cangkir alkohol bekas untuk merendam seluruh tabung.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.