Kompas.com - 02/03/2018, 15:47 WIB
Ilustrasi minum setelah olahraga kieferpixIlustrasi minum setelah olahraga
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Setelah berpanas-panasan dan berolahraga secara intensif, biasanya secara otomatis kita menjadi haus dan ingin minum minuman yang dingin dan segar. Sebotol air es pun jadi tampak sangat menggoda.

Apalagi jika pernah mendengar kabar yang menyebutkan bahwa minum air es setelah berolahraga bisa mempercepat proses pembakaran lemak dan kalori sehingga kita pun jadi lebih cepat langsing.

Akan tetapi, minum air es setelah berolahraga mungkin membawa risiko-risiko yang tidak kita ketahui. Sebelum menenggak habis air es setelah berolahraga, perhatikan dulu fakta-fakta berikut ini.

Sebelum memahami pengaruh minum air es pada tubuh setelah berolahraga, kita perlu mengetahui bahwa air es dan air dingin tidaklah sama.

Air dingin berkisar pada suhu 4 hingga 15 derajat Celsius. Suhu air es rata-rata berada di bawah 4 derajat Celsius.

Ini berarti memasukkan satu atau dua butir es batu tidak lantas menjadikan air kita sedingin es, namun hanya mendinginkannya saja.

Bila mengukur suhu air sulit dilakukan, coba rasakan sendiri saat minum karena biasanya air es akan menyebabkan gigi kita ngilu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga : Banyak Minum Air Putih Bisa Turunkan Berat Badan?

Benarkah minum air es setelah berolahraga bisa bikin langsing lebih cepat?

Banyak orang percaya bahwa minum air es setelah berolahraga bisa membantu kalori terbakar lebih banyak sehingga mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan akan tergoda untuk mencoba metode ini.

Minum air es setelah suhu badan meningkat karena olahraga memang akan membakar kalori. Namun pada kenyataannya, kalori yang terbakar dalam proses menghangatkan atau menyesuaikan suhu air es dengan suhu badan yang panas setelah berolahraga sangatlah sedikit.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.