Inilah Asal-usul Penghargaan Oscar...

Kompas.com - 05/03/2018, 20:06 WIB
Sebuah Piala Oscar dipamerkan pada acara untuk nomine film berbahasa asing terbaik Academy Awards ke-90 yang diadakan Academy of Motion Picture Arts and Sciences di Beverly Hills, California, pada Jumat (2/3/2018). AFP PHOTO / ANGELA WEISSSebuah Piala Oscar dipamerkan pada acara untuk nomine film berbahasa asing terbaik Academy Awards ke-90 yang diadakan Academy of Motion Picture Arts and Sciences di Beverly Hills, California, pada Jumat (2/3/2018).

KOMPAS.com - Piala Oscar telah dipersembahkan untuk insan berprestasi di dunia perfilman dunia sejak tahun 1929.

Tak lama setelah pembentukan Academy of Motion Picture Arts and Sciences tahun 1927, organisasi tersebut mengadakan gala diner di Crystal Ballroom Hotel Biltmore di Los Angeles untuk menetapkan tujuan organisasi.

Salah satu topik yang dibahas malam itu adalah cara terbaik untuk menghargai prestasi para pembuatan film.

Akhirnya, semua yang hadir pada malam itu setuju untuk mengadakan sebuah penghargaan tahunan.

Kemudian, kelompok tersebut mengalihkan perhatiannya untuk menciptakan sebuah piala yang sesuai.

Cedric Gibbons selaku art director dari Metro Goldwyn Mayer - sebuah perusahaan multinasional yang menghasilkan berbagai macam produk film yang bermarkas di Los Angeles, merancang patung ksatria yang berdiri di atas gulungan film.

Ksatria itu berpose seakan sedang mencengkeram pedang tentara salib.

Akademi tersebut akhirnya meminta pematung Los Angeles yang bernama George Stanley untuk mewujudkan desain buatan Cedric Gibbons dalam bentuk tiga dimensi.

Desain itulah yang akhirnya mewujud menjadi trofi paling terkenal di dunia hingga saat ini. 

Sejak ajang penghargaan tersebut digelar pada tahun 1929 di the Hollywood Roosevelt Hotel’s Blossom Room, sebanyak 3.048 patung telah dibuat.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber oscar.org
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X