Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/03/2018, 10:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagai dua sisi mata uang, kecemburuan bisa menjadi penyelamat dan sekaligus pembunuh dalam sebuah hubungan asmara.

Oleh karena itu, banyak para pakar yang menyarankan kita untuk memahami cara kerja dan sumber dari kecemburuan tersebut.

Dr Robert L Leahy, seorang psikolog dari Yale University, Amerika Serikat, mengatakan, sebenarnya kecemburuan lebih banyak berhubungan dengan karakter diri sendiri.

"Cemburu selalu tentang orang ketiga," papar Dr Robert L Leahy.

Menurut Leahy, kecemburuan terjadi ketika seseorang merasa terancam oleh pihak ketiga. Entah karena pasangan kita yang tertarik dengan pihak ketiga atau sebaliknya.

Leahy memisahkan kecemburuan pada hubungan asmara ke dalam dua kategori, yaitu kecemburuan seksual dan kecumburuan karena kedekatan emosional.

Menurut dia, pria lebih cenderung terkena dampak yang pertama. Sementara itu, riset menunjukkan, wanita lebih berisiko mengalami kecemburuan karena kedekatan emosional.

"Keduanya bisa timbul dari rasa tidak aman tentang hubungan tersebut," kata Leahy.

Hal ini bisa meliputi harapan yang tidak jelas, tingkat komitmen yang tidak seimbang, pengalaman pengabaian sebelumnya, dan pengalaman pengkhianatan sebelumnya.

Namun, penyebab kecemburuan romantis yang paling mengejutkan jauh lebih dalam.

"Terkadang kecemburuan bisa menjadi konsekuensi dari harga diri tinggi yang membuat kekurangan perilaku orang lain lebih terlihat dibandingkan dengan mereka sendiri."

"Misalnya seseorang mengatakan 'kalian tidak dapat memperlakukan saya seperti itu'," papar Leahy.

"Namun, tidak semua cemburu tentu menyebabkan kesedihan. Cemburu dalam derajat kecil atau sedang bisa menjadi pertanda koneksi, komitmen, dan bahkan cinta," jelasnya.

Dalam tingkat yang lebih rendah, kata Leahy, adalah hal yang normal jika orang terkadang mencoba untuk menguji pasangannya demi melihat apakah mereka cemburu.

Salah satu cara untuk menjelaskan hal ini adalah membayangkan pasangan kita berkata 'saya tidak peduli jika kamu tidur dengan orang lain'.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com