10 Kebiasaan Rutin untuk Percepat Penurunan Berat Badan

Kompas.com - 06/03/2018, 15:00 WIB
Ilustrasi langsing shironosovIlustrasi langsing

KOMPAS.com - Kamu mungkin sudah memutuskan untuk menurunkan berat badan dengan segera. Tapi, bisa jadi kamu masih bingung kira-kira kebiasaan apa yang harus dilakukan, selain mengatur pola makan, untuk mendukung tujuan itu? Nah, berikut adalah panduan yang mungkin bisa menjadi inspirasi agar lebih bersemangat mencapai target penurunan berat badan.

1. Buat target realistis
Meskipun kamu punya target mengurangi berat badan dalam jumlah besar, buatlah target kecil untuk mingguan atau bulanan sebagai batu pijakan menuju ke tujuan yang lebih besar.

Misalnya, kamu menargetkan olahraga lima kali dalam seminggu atau target kecil lainnya. Catat pada sebuah buku catatan, kalender atau laptop untuk mengatur target tersebut. Catat makanan apa saja yang diasup, termasuk olahraganya.

2. Konsumsi tiga makanan ini setiap makan
Untuk merasa kenyang dalam waktu yang lama, makanlah protein (20 hingga 30 gram), karbohidrat (40 hingga 75 gram) dan lemak sehat (6 hingga 25 gram) setiap makan.

Pilih makanan dengan protein nabati, seperti ayam panggang atau tahu, dan karbohidrat kompleks, seperti ubi panggang, ketimbang karbohidrat olahan. Biji-bijian dan lemak tidak jenuh, seperti kacang dan alpukat, juga direkomendasikan untuk memberi rasa kenyang lebih lama.

3. Buat jurnal makanan
Saat memutuskan untuk mengurangi berat badan, penting untuk mengetahui jumlah kalori yang dikonsumsi setiap harinya. Dengan begitu, kita jadi punya patokan berapa yang harus dikonsumsi jika ingin mengurangi angka timbangan.

Ingatlah untuk mencatat setiap makanan yang dikonsumsi dengan akurat. Bisa juga dengan mengambil foto makanan tersebut untuk membuatmu ingat. Tidak hanya untuk menghitung kalori, tapi untuk mengingkatkan apakah makanan yang dikonsumsi sehat atau tidak.

4. Lakukan dua olahraga ini
Buatlah komitmen untuk berolahraga setiap harinya. Misalnya, melakukan kardio dan pembentukan otot lima kali dalam seminggu dengan durasi 45 hingga 60 menit setiap harinya.

Sementara dua hari lainnya bisa menjadi sesi istirahat. Kamu bisa mengisinya dengan yoga ringan atau berjalan kaki.

Aktivitas kardio mampu membakar lemak, sedangkan angkat beban bisa memperlancar metabolisme tubuh yang akn membantumu mendapatkan massa otot sehingga kalori yang terbakar bisa lebih banyak.

(Baca juga: Rutinitas Malam yang Bisa Turunkan Berat Badan)

Halaman:


Sumber POP SUGAR
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X