Rambu Melakukan Eksfoliasi untuk Angkat Sel Kulit Mati

Kompas.com - 06/03/2018, 16:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Mengangkat sel kulit mati atau eksfoliasi merupakan perawatan wajah yang tidak boleh dilewatkan untuk membuat kulit terlihat cerah. Cara paling mudah adalah menggunakan scrub wajah.

Scrub wajah bisa dilakukan dengan produk pembersih wajah yang mengandung biji anggur, jojoba, clay untuk masker, gula, atau pun garam.

Pengangkatan sel kulit mati juga bisa dilakukan dengan menggunakan sikat wajah khusus yang sekarang banyak dijual. Baik memakai produk scrub wajah atau alat, cara ini disebut juga dengan eksfoliasi mekanik.

Namun, ada rambu-rambunya agar penggunaan scrub tersebut justru tidak menimbulkan masalah baru.  Kulit wajah kita bukan hanya lebih tipis tapi juga lebih sensitif, dibanding kulit bagian tubuh lain.

"Dalam hal perawatan wajah, tidak ada satu cara yang efektif untuk setiap orang. Tergantung pada jenis kulit dan kebutuhannya," kata Dr.Annie Chiu, dermatologi dan pendiri The Derm Institute, California, AS.

Secara umum, menurut Chiu, eksfoliasi dengan zat kimia (peeling) yang dilakukan oleh dokter kulit justru lebih aman karena tidak terlalu kasar untuk kulit.

"Cara ini adalah pilihan yang aman untuk kulit sensitif, berjerawat, hiperpigmentasi atau kulit kering. Saya lebih memilih eksfoliasi kimia dari pada fisik," katanya.

Hal senada disampaikan Dr.Dendy Engelman, dokter bedah dan ahli dermatologi. "Secara umum, untuk wajah eksfoliasi zat kimia adalah pilihan terbaik untuk mengangkat kotoran tanpa menyebabkan iritasi," katanya.

Eksfoliasi fisik terkadang terlalu keras bagi kulit jika dilakukan dengan tidak tepat atau terlalu sering.

(Baca juga: Ingin Kulit Bening, Perlukah 10 Tahapan Perawatan Kulit?)

Pada umumnya orang sering salah menggunakan scrub karena menggosoknya terlalu keras. Pemakaian alat atau handuk untuk menangkat sel kulit mati juga bisa menyebabkan bakteri karena kurang bersih.

Menurut Chiu, tidak perlu takut dengan penggunaan zat kimia dalam tindakan peeling. "Eksfoliasi zat kimia akan membuat sel kulit mati terangkat, tanpa membuat kulit iritasi akibat pengelupasan fisik," katanya.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X