Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Desainer Indonesia Kembali Tampil di Panggung Mode Korea dan Jepang

Kompas.com - 08/03/2018, 08:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Empat desainer Indonesia Fashion Forward kembali mendapat kesempatan untuk tampil di panggung fashion Internasional. Kali ini adalah giliran label modest fashion, Kami., BATEEQ, I.K.Y.K dan NY by Novita Yunus.

Kami. yang dimotori oleh tiga desainer muda, Istafiana Candarini, Nadya Karina, dan Afina Candarini ini, akan tampil di ajang Seoul Fashion KODE 2018 yang berlangsung pada 15-17 Maret 2018.

Masih mengedepankan koleksi dengan unsur motif dan tone warna yang natural, kali ini Kami. mengambil tema "The Lazy Sunday Morning."

"Koleksi ini terinspirasi dari pakaian home wear, lounge wear, seperti piyama, kimono, dan pakaian nyaman yang biasa dipakai di rumah. Sementara untuk desain, kami tetap memakai motif (printed) yang dicetak di material bahan dengan pola desain mirip marmer," kata Nadya Karina di Jakarta (7/3).

Meski wanita muslim di Korea tidak banyak, namun Nadya tetap optimis koleksinya akan diterima pasar di Korea. "Kalau untuk koleksi musim gugur kan mereka juga pakai pakaian yang berlayer-layer, jadi juga bisa dipakai oleh yang tidak berhijab," katanya.

Sementara itu, CEO BATEEQ, Michelle Tjokrosaputro mengaku antusias dengan kesempatan ini dan melakukan persiapan selama 4 bulan.

"Kami sudah menyiapkan desain, motif dan konstruksi kain. Saya berharap brand Indonesia dikenal bukan cuma motif batiknya saja yang keren, tapi juga desainnya," ujarnya.

Pada koleksi yang terinspirasi dari wayang, BATEEQ akan menampilkan 15 looks dengan menggunakan material ramah lingkungan, antara lain serat bambu dan biji kapas yang didaur ulang (bemberg).

Selain di Korea Selatan, dua desainer lain, yaitu I.K.Y.K dan NY by Novita Yunus, akan tampil di Amazon Fashion Week Tokyo 2018 pada 19-24 Maret.

Pendiri I.K.Y.K, Anandia Putri, mengatakan sudah menyiapkan koleksi yang menyatukan budaya Indonesia dan Jepang.

"Koleksi ini cukup rumit, karena ada teknik tenun, shibori, dan juga motif ulos yang terinspirasi dari kampung kakek saya di Mandailing," ujar Putri.

Novita Yunus juga akan menampilkan koleksi busana yang terinspirasi dari batik dan shibori dengan warna gradasi ungu.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com