Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/03/2018, 09:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Punya rencana mengubah tampilan dengan menumbuhkan jenggot?
Nah, karena menumbuhkan jenggot itu tidak mudah, ada beberapa hal yang harus Kamu lakukan. 
 
Dilansir dari situs Men's Fitness, ada dua hal kunci yang mesti dilakukan agar jenggot tumbuh dan penampilan makin kece.
 
Pertama, tentu kamu harus sabar. Jarak waktu dari jenggot tipis atau tak ada hingga tebal biasanya sekitar satu bulan. Tapi, itu semua tergantung seberapa cepat, tebal, serta faktor genetik seseorang menumbuhkan jenggot. 
 
Selain itu, jangan buru-buru dicukur bila sudah tumbuh atau mulai tebal. Jika perlu dicukur, pastikan untuk tidak memotongnya secara berlebih. Dengan begitu, selain bisa mengetahui apakah jenggot bisa tumbuh atau tidak, juga akan membuktikan seberapa besar menahan kemauan untuk mencukurnya.
 
Kedua, rasa gatal yang tak perlu dikhawatirkan berlebih. Kalau tidak biasa dengan jenggot atau kumis, kemungkinan pasti akan merasa gatal sekitar sepekan.  Jangan khawatir, kondisi itu bukan tanda ruam. Pertumbuhan rambut di area wajah akan membuat area itu kering dan juga bisa membuat debu terperangkap.
 
Untuk membantu menahan diri mencukur jenggot--cukup oleskan lotion bayi ke jenggot. Kamu juga bisa mencoba minyak atau kondisioner jenggot, yang akan membantu menjaga kelembutannya dan membuat jenggot lebih fresh. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com