Kompas.com - 08/03/2018, 12:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Siklus tidur yang baik sangat memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tentu kita sudah sering mendengar dampak kurang tidur atau siklus tidur yang tidak teratur, mulai dari menurunnya kekebalan tubuh, konsentrasi, sampai keseimbangan emosi.

Selain kebiasaan minum kopi terlalu banyak, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa membuat siklus tidur kita berantakan.

- Tidak konsisten dengan waktu tidur

Kamu masih terjaga hingga pukul 2 pagi, kemudian menggantinya dengan tidur lebih cepat pada pukul 8 malam keesokan hari, apakah itu ide bagus? Jawabannya adalah tidak, menurut pakar tidur Michael Breus.

Dia mengatakan, melakukan hal itu akan mengacak-acak irama sirkadian tubuh dan akan membuat kita merasa lelah serta stres. “Saat tidak bisa tidur, kita merasa terganggu, yang malah bikin makin bersemangat dan kantuk tak kunjung datang,” kata Breus.

Temuan dari sebuah studi baru di Journal of Clinical Enocrinology & Metabolism mengungkapkan dampak lebih buruk lagi. Kebiasaan mengubah siklus tidur—seperti bangun lebih pagi di hari kerja dan tidur lebih lama saat akhir pekan—justru berisiko mengalami masalah metabolik, mulai dari diabetes hingga penyakit jantung.

Usahakan untuk tidur sekitar 30 menit dari waktu tidur normal agar tetap sesuai siklus tidur.

- Salah pilih makanan

Tidur dalam kondisi perut lapar bisa membuat kita terjaga. Tapi, memilih makanan yang salah sebelum tidur, juga akan merusak siklus tidur. Pilih panganan yang mudah dicerna, seperti sereal atau buah.

“Camilan tidur yang ideal memiliki sekitar 250 kalori, 80 persen karbohidrat dan 20 persen protein,” kata Breus.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.