Kompas.com - 08/03/2018, 21:13 WIB
IIustrasi. IIustrasi.

KOMPAS.com - Para periset menemukan fakta baru mengenai besarnya pengaruh ayah pada tumbuh kembang bayi. Disebutkan bahwa bayi yang terlahir mirip ayahnya ternyata lebih sehat.

Hasil riset yang dipublikasikan dalam the Journal of Health Economics, menyimpulkan bahwa bayi yang mirip ayahnya saat lahir cenderung lebih banyak menghabiskan waktu bersama ayahnya, yang pada gilirannya, menjadi lebih sehat saat mereka berusia satu tahun.

"Peran ayah sangat penting dalam perkembangan anak, dan itu berpengaruh pada kesehatan," kata Solomon Polachet, salah satu peneliti.

Penjelasannya kurang lebih begini, seorang ayah cenderung akan merasakan kepemilikan lebih pada bayi yang parasnya mirip dengan dirinya. Kemungkinan besar mereka akan menghabiskan banyak waktu atau terlibat dalam pengasuhannya. Faktor itulah yang membuat bayi tumbuh lebih sehat.

Kesimpulan itu didasarkan pada analisis yang dilakukan terhadap 715 keluarga dengan bayi yang hanya tinggal bersama ibunya.

Para suami yang hidup terpisah dengan istrinya itu diketahui akan menghabiskan waktu lebih banyak dengan buah hatinya yang mirip dengannya. Peran pengasuhan yang lebih besar ini akan meningkatkan status kesehatan anak, terutama pada keluarga yang mengalami perceraian.

Baca :Peran Ayah dalam Keberhasilan Ibu Memberi ASI

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.