Kompas.com - 09/03/2018, 11:23 WIB
Komunitas Kebaya, Kopi dan Buku saat mengajarkan pemakaian kebaya dan kain batik kepada para penyandng disabilitas dan masyarakat yang hadir pada acara Perempuan Disabilitas Mengubah Dunia di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis (8/3/2018). KOMPAS.com/Nabilla TashandraKomunitas Kebaya, Kopi dan Buku saat mengajarkan pemakaian kebaya dan kain batik kepada para penyandng disabilitas dan masyarakat yang hadir pada acara Perempuan Disabilitas Mengubah Dunia di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis (8/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski model busana modern menawarkan kepraktisan, namun ternyata masih banyak orang yang senang menggunakan kebaya dan kain tradisional untuk berkegiatan sehari-hari.

Di samping melestarikan kebudayaan, menggunakan kebaya dan kain ternyata punya manfaat kesehatan, lho. Apa saja?

Salah satu inisiator Perempuan Berkebaya, Lia Nathalia merasakan sejumlah manfaat kesehatan setelah dirinya memakai kebaya dan kain untuk sehari-hari. Salah satunya adalah menyehatkan area kewanitaan.

"Pakai kebaya setiap hari, untuk kesehatan bagus. Sejak saya berkain-berkebaya saya enggak pernah pakai pantyliner, enggak pernah ada bercak, pokoknya kering. Daerah kewanitaan juga sehat. Mungkin karena pakai kain jadi ada ruang, sehat sekali memang," ujar Lia saat ditemui dalam sebuah acara di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (8/3/2018).

Selain itu, memakai kebaya dan kain menurutnya juga baik untuk kesehatan mental. Perempuan akan cenderung selalu merasa cantik saat mengenakannya.

Sejumlah penyandng disabilitas dan masyarakat yang mengikuti workshop cara memakai kain batik di acara Perempuan Disabilitas Mengubh Dunia diTaman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis (8/3/2018).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Sejumlah penyandng disabilitas dan masyarakat yang mengikuti workshop cara memakai kain batik di acara Perempuan Disabilitas Mengubh Dunia diTaman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis (8/3/2018).
Terlebih kebanyakan perempuan tidak suka jika bajunya sama dengan orang lain. Sedangkan kain, kata Lia, meskipun ada yang warnanya sama namun tak ada yang sama persis.

"Buat kesehatan mental, boleh percaya atau enggak, kalau pakai kebaya-kain rasanya cantik," tutur inisiator Chattra Kebaya itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kebaya dan kain juga bisa menjadi kontrol bagi setiap orang untuk menjaga tubuhnya. Misalnya, saat seseorang melihat dirinya menggemuk, maka ia akan terpacu untuk olahraga.

Memakai kebaya dan kain juga membuat seseorang terus belajar tentang filosofi kain daerah. Lia menekankan, ini tak hanya berlaku untuk kain batik tapi juga untuk kain-kain daerah di seluruh Indonesia.

Dengan mengenakan kebaya dan kain, menurutnya seseorang perlu memahami budaya agar tidak salah.

"Jadi saya banyak belajar budaya justru setelah saya pakai kebaya dan batik (sehari-hari)," ujarnya.

(Baca juga: Bingung Cara Pakai Kain Sumba Sebagai Outfit Harian? Ini Tipsnya)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.