Kompas.com - 10/03/2018, 07:00 WIB
Bapak Kun Arief Cahyantoro (pemerhati e-commerce), Christin Djuarto (Director of Shopee Indonesia), Bapak Muliono (owner of Multi Elektronik Shop), dan Mr. Webber Chen (Managing Director of Global Jet E-Commerce) seusai acara diskusi di JSC Hive, Jumat (9/3/2018). KOMPAS.com/Nabilla TashandraBapak Kun Arief Cahyantoro (pemerhati e-commerce), Christin Djuarto (Director of Shopee Indonesia), Bapak Muliono (owner of Multi Elektronik Shop), dan Mr. Webber Chen (Managing Director of Global Jet E-Commerce) seusai acara diskusi di JSC Hive, Jumat (9/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan e-Commerce Shopee melihat pertumbuhan yang signifikan dari pembeli barang elektronik lewat platform online.

Director of Shopee Indonesia, Christin Djuarto mengatakan pertumbuhan tersebut mencapai 25 kali lipat dari total transaksi produk elektronik di 2016.

"25 kali lipat menurut saya angka yang luar biasa. Kami bekerja keras untuk mewujudkan ini," ujar Christin dalam paparannya di JSC Hive, Jakarta, Jumat (9/3/2018).

Pembeli elektronik cenderung lebih banyak pria, dengan capaian hingga 60 persen, meskipun angkanya relatif tak terpaut jauh dari konsumen perempuan, yang mencapai 40 persen.

Beberapa barang elektronik yang paling banyak dibeli pria antara lain smartphone, peralatan gaming, speaker, dan CCTV.

Baca juga: Xiaomi Bikin Ponsel Gaming Pesaing Razer Phone?

Sedangkan wanita lebih membeli aksesoris handphone, mesin jahit, dan mouse.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemerhati e-commerce, Kun Arief Cahyantoro menganggap fakta tersebut sebagai hal yang menarik. Terutama karena belanja selama ini menjadi citra perempuan, namun yang terjadi sebaliknya. 

Namun, dengan semakin bertumbuhnya e-commerce, kelompok pria memiliki pengalaman baru dalam berbelanja.

"Mereka mendapatkan experience baru untuk belanja. Bahkan saya jamin beberapa kaum laki-laki juga belanja untuk wanitanya," ujar Kun Arief.

Secara umum transaksi e-commerce meningkat karena adanya pemahaman soal keamanan berbelanja di situs dagang tertentu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.