Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/03/2018, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, berolahraga tanpa mendengar musik bagaikan makan sayur tanpa garam. Selain berfungsi mengusir kebosanan, mendengarkan musik saat berolahraga juga membuat kita lebih rajin dan semangat.

Dikutip dari situs Men’s Health, orang yang mendengarkan musik upbeat—sebagian besar terinspirasi dari musik Latin selama tes tekanan jantung, dapat bertahan hampir satu menit lebih lama dibandingkan dengan mereka yang sama sekali tidak mendengarkan musik. Demikian menurut para peneliti dari Texas Tech University Health Sciences di El Paso.

Nah, kalau kamu punya lagu Despacito di daftar lagumu saat berolahrga, kamu beruntung! Karena saat ini sudah ada alasan positif di balik pilihan lagu dari vokalis asal Puerto Rico, Luis Fonsi ini.

Dalam sebuah studi acak, tim peneliti menilai 127 peserta untuk rutin melakukan electrocardiogram (ECG) treadmill stress test.

Rata-rata para peserta berusia 53 tahun dan memiliki riwayat medis serupa, yaitu menderita diabetes dan hipertensi. Baik peserta pria dan perempuan secara acak diminta untuk mendengarkan musik (bertempo) upbeat, semacam musik yang terinpirasi dari Latin atau tidak mendengarkan musik sama sekali selama saat tes tersebut berlangsung. 

(Baca juga : Olahraga Keras Tapi Tak Ada Hasil? Mungkin Ini Penyebabnya...)

Selama tes, para peneliti meningkatkan kecepatan dan kemiringan treadmill setiap tiga menit, dimulai dari 1,7 mph pada tingkat 10 persen, hingga 3,4 mph pada tingkat 14 persen.

Hasilnya, kelompok yang mendengarkan musik tersebut bertahan hampir satu menit lebih lama (505,8 detik) daripada kelompok yang sama sekali tidak mendengarkan musik (455,2 detik)—dengan tingkat perbedaan absolut sekitar 50,6 detik.

Kelompok yang mendengarkan musik juga diukur berolahraga lebih keras.

"Temuan kami memperkuat gagasan bahwa musik (bertempo) upbeat memiliki efek positif jika kita ingin berolahraga lebih lama dan rutin sehari-hari," kata Shami. 

Bahkan, musik upbeat juga bisa membuat kita menciptakan gerakan yang menarik. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.