Kompas.com - 11/03/2018, 15:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Apa yang biasa kamu lakukan sebelum tidur? Jika masih melakukan aktivitas seperti ngobrol di aplikasi percakapan atau menonton televisi, segera tinggalkan. Aktivitas yang sering kita anggap pengisi waktu sebelum tidur ini justru merusak kualitas tidur.

Dikutip dari New York Post, tidur nyenyak sangat penting untuk kesehatan fisik, mental dan emosional yang baik. Hal ini sama pentingnya dengan mengonsumsi makanan sehat dan cukup berolahraga.

Namun, setengah dari orang dewasa tidak mendapatkan tidur yang cukup. Banyak yang mengaku terjaga di malam hari karena perasaan gelisah tiba-tiba melanda.  Nah, salah satu penyebab masalah tersebut antara lain karena tidak memiliki rutinitas tidur.

Artinya, orang-orang tidur dengan perasaan kacau yang membuat saat terbangun menjadi tidak nyaman.

Untuk mengatasi hal itu, pakar tidur Neil Stanley, mengatakan rutinitas tidur harus dimulai 30 menit sebelum lampu padam. Dengan begitu, kita akan mengondisikan tubuh dan otak pada keadaan yang membuat tidur lebih mudah terjadi. Artinya, pikiran harus tenang dan tubuh rileks. 

Pakar tidur lain, profesor Mark Cropley, mengatakan 30 menit adalah waktu yang tepat sebelum tidur untuk mulai bersantai dan memikirkan soal tidur.

"Jangan pernah meremehkan pentingnya membangun rutinitas yang baik, dalam persoalan tidur dan semua area kehidupan, karena ini dapat mempengaruhi tingkat kesuksesan kamu,” katanya.

Lalu apa yang bisa dilakukan untuk menenangkan pikiran dan rileks sebelum tidur? Berikut enam langkah yang harus dilakukan sebelum tidur.

  • 30 menit sebelum tidur

Gunakan setengah jam terakhir untuk mempersiapkan tidur dengan menyelesaikan tugas. Kirimkan email terakhir, bayar tagihan, dan buat daftar tugas untuk esok hari.

Sebuah studi oleh para ahli di Baylor University di Texas menemukan orang-orang yang membutuhkan waktu lima menit untuk menulis daftar tugas mereka sebelum tidur merasa lebih mudah untuk tidur.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber nypost.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.