Kompas.com - 11/03/2018, 17:51 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Berbagai produk untuk menyamarkan tanda-tanda penuaan pada umumnya mengandung vitamin C dan juga vitamin A (retinoid). Kedua jenis vitamin ini pada dasarnya memiliki manfaat yang sama.

Menggunakan produk yang mengandung vitamin C atau pun vitamin A dalam produk kecantikan terbukti dapat membuat penampilan kulit lebih awet muda dan segar.  

Vitamin C memiliki kemampuan untuk mencerahkan kulit dan juga menyamarkan kerutan. Khasiat yang sama, yaitu retinoid dari vitamin A juga menjadi andalan untuk membuat kulit lebih kencang dengan merangsang produksi kolagen.

"Produk yang mengandung retinoid biasanya adalah krim malam karena kalau dipakai di pagi hari akan membuat kulit lebih sensitif pada cahaya matahari. Akibatnya kulit tampak lebih gelap," kata Education Manager Kiehl's Indonesia, Ari Martono.

Berbeda dengan produk krim atau serum yang mengandung vitamin C yang bisa dipakai pada pagi atau malam hari.

"Secara umum vitamin C tidak sekuat retinoid tetapi hasilnya kurang lebih sama pada kulit," katanya.

Ari mengatakan, jika kita ingin menggunakan produk yang mengandung retinoid pada pagi hari, jangan lupa menggunakan tabir surya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tapi pada dasarnya tabir surya memang harus dipakai setiap hari," katanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X