Jangan Cemas, Rambut Rontok Setelah Melahirkan Bersifat Sementara

Kompas.com - 12/03/2018, 07:41 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Selama kehamilan, banyak calon ibu yang merasa senang dengan kondisi rambutnya yang terlihat lebih tebal dan mengembang. Kondisi sebaliknya ditemui setelah persalinan.

Banyak wanita yang frustasi karena rambutnya rontok berat. Mengingat banyaknya rambut yang tertinggal di sisir, bantal, atau lantai, banyak wanita yang cemas apakah kepalanya akan menjadi botak.

Tenang saja, kerontokan rambut pascamelahirkan adalah fase sementara dan ini hal yang normal dalam siklus pertumbuhan rambut.

Selama hamil kadar estrogen yang tinggi dalam tubuh akan membuat tubuh menghentikan fase rambut bertumbuh (atau istirahat). Akibatnya, rambut yang normalnya akan rontok tetap bertahan, sehingga kita merasa rambut lebih tebal.

Nah, setelah melahirkan dan kadar estrogen turun, semua rambut yang semula dalam fase istirahat mulai rontok.

Kondisi tersebut pada umumnya dialami pada bulan ketiga sampai keenam setelah melahirkan.

"Kerontokan rambut sementara ini bukan berarti Anda kekurangan nutrisi atau vitamin. Ini hanya karena hormonal saja," kata dokter obgyn Jaonne Stone, salah satu penulis buku Pregnancy for Dummies.

Terkadang kerontokan terjadi pada semua bagian rambut, tapi ada juga yang mengalaminya hanya pada garis rambut kepala, sehingga dari depan rambut terlihat tidak ada masalah, tapi di bagian puncak kepala tampak tipis.

Karena kerontokan itu bersifat sementara, sebenarnya tak ada yang perlu dicemaskan. Namun, Anda bisa mengurangi rasa trauma akibat rambut rontok dengan beberapa tips berikut.

- Potong rambut. Jika sebelumnya Anda memiliki rambut panjang, mungkin ini saatnya memotong pendek rambut. Potongan rambut pendek akan membuat penampilan terlihat lebih muda dan segar. Membuat potongan layer juga akan membuat rambut tampak lebih tebal.

- Ubah belahan rambut. Jika selama ini Anda menyukai tampilan belahan rambut tengah, mungkin mencoba belahan samping akan membantu menyamarkan rambut yang tampak tipis di bagian atas.

- Tambahkan tekstur. Rambut yang lurus dan panjang akan membuat rambut terlihat tipis. Cobalah memberi sedikit volume di bagian ujung rambut.

- Gunakan aksesoris rambut. Anda bisa menggunakan bando, scarf, atau bandana, untuk menutupi bagian rambut yang mulai tipis.



Sumber Parents
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X