Olahraga Kardio dan 10 Manfaat Ajaibnya Bagi Tubuh

Kompas.com - 12/03/2018, 11:15 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Olahraga yang bisa memompa jantung dan menguras keringat, disebut juga dengan latihan aerobik atau kardio, manfaatnya tak boleh diremehkan bagi tubuh dan otak.

Jenis-jenis olahraga aerobik antara lain berlari, joging, bersepeda, dansa, atau pun senam.

Dikutip dari Business Insider, terungkap apa saja manfaat "ajaib" olahraga ini bagi tubuh:

1. Melindungi sistem kekebalan tubuh
Dalam penelitian yang membandingkan pesepeda amatir berusia 55-79 tahun dengan orang berusia sama tapi tidak pernah berolahraga, terungkap perbedaan yang sangat signifikan.

Kelompok peseda itu memiliki massa otot lebih kuat dan lebih sedikit lemak tubuh. Mereka juga terlihat lebih sehat dan sistem imunnya lebih bagus, mirip dengan yang dimiliki orang-orang muda.

2. Membentuk otot
Dalam hal pembentukan otot, olahraga kardio memang tak seefektif latihan ketahanan yang didesain untuk meningkatkan kekuatan tubuh. Tapi, memasukkan latihan kardio dalam regime latihan beban terbukti meningkatkan ukuran otot.

"Olahraga aerobik, jika dilakukan dengan tepat, bisa membantu menigkatkan pertumbuhan otot seperti halnya dengan latihan ketahanan," kata peneliti olahraga dari Ball State University, Matthew Harber, seperti dikutip Men's Fitness.

3. Menyehatkan jantung dan paru
Olahraga aerobik, terutama berenang, akan melatih tubuh menggunakan oksigen dengan efisien. Latihan ini lama kelamaan akan mengurangi laju istirahat jantung dan laju napas, dua indikator dari kesehatan jantung.

(Baca juga: Benarkah Rajin Minum Teh Hijau Bisa Menurunkan Kolesterol?)

4. Mengembalikan perfoma jantung
Semakin tua kebanyakan orang makin tidak aktif. Hal ini bisa membuat otot jantung mengeras. Penelitian membuktikan, melakukan latihan kardio secara rutin bisa memperbaiki performa jantung.

5. Memperbaiki mood
Olahraga ini memiliki kemampuan yang unik untuk membuat kita rileks dan tenang. Salah satu penyebabnya adalah turunnya kadar hormon stres alami. Olahraga seperti joging atau renang bisa melancarkan aliran darah sehingga bagian otak juga mendapat energi dan oksigen baru.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X