Kompas.com - 12/03/2018, 12:10 WIB
Menonton televisi Ingram PublishingMenonton televisi

KOMPAS.com - Terlalu sering menonton televisi, misalnya lebih dari 4 jam setiap hari, bukanlah kebiasaan yang sehat. Gaya hidup kurang bergerak seperti ini membuat kita rentan terkena berbagai penyakit, salah satunya kanker usus besar.

Penelitian sebelumnya telah menunjukan bahwa tingkat aktivitas fisik yang tinggi dapat menurunkan risiko kanker usus.

Kini, tim peneliti dari Inggris telah meneliti konsistensi hubungan aktivitas fisik dan kanker usus dengan sampel penelitian yang lebih besar, yaitu berjumlah 430.000 pria dan wanita.

Hasilnya, gaya hidup kurang bergerak (sedentari) seperti menonton televisi terlalu lama dan penggunaan komputer yang berlebihan dikaitkan dengan 35 persen peningkatan risiko kanker usus pada pria. Namun, hal ini tidak berlaku pada wanita.

"Menonton televisi mungkin terkait dengan perilaku lain, seperti merokok, minum dan makan camilan lebih banyak, dan kita tahu bahwa hal-hal ini dapat meningkatkan risiko kanker usus besar," papar ketua peneliti dr Neil Murphy seperti dikutip dari situs Independent.co.uk.

Dia menambahkan bahwa jarang beraktivitas fisik juga sering dikaitkan dengan penambahan berat badan dan penumpukan lemak dalam tubuh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kelebihan lemak tubuh dapat mempengaruhi kadar hormon dan zat kimia lainnya yang mempengaruhi proses pertumbuhan sel dan bisa meningkatkan risiko kanker usus," kata Murphy.

Emma Shields dari Cancer Research UK mengatakan bahwa kanker usus biasanya berawal dari usus besar atau bagian rektum. Penderita kanker usus di dunia cukup tinggi.

Menurut informasi dari Komite Penanggulangan Kanker Nasional Kemenkes RI pada tahun 2017, jumlah penderita kanker usus di Indonesia mencapai 12,8 per 100.000 penduduk usia dewasa. Tingkat kematian akibat kanker ini mencapai 9,5 persen dari total seluruh kasus kanker.

"Jika kanker ini dideteksi lebih awal, lebih dari 99 persen orang akan selamat dari peyakit ini setidaknya mereka bisa bertahan hingga 5 tahun," papar Emma Shields.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.