Kompas.com - 12/03/2018, 14:08 WIB
Ilustrasi makan sayur tapi masih gemuk kazoka30Ilustrasi makan sayur tapi masih gemuk
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Makanan tinggi serat dapat membuat kita lebih cepat kenyang dan merasa kenyang lebih lama. Makanan berserat juga membantu mengurangi kadar lemak tubuh. Maka, tidak heran banyak orang yang menjadikannya sebagai cara untuk berdiet.

Akan tetapi, tidak sedikit yang malah melaporkan berat badan tidak turun setelah lama melakukan diet tinggi serat. Apa alasannya? Berikut 6 penyebabnya:

1. Jumlah asupan serat keliru

Dilansir dalam laman British Nutrition Foundation, kebutuhan mininum serat berkisar antara 25-30 gram per hari untuk orang dewasa di atas 17 tahun. Apabila ingin memperbanyak asupan makanan berserat, kita setidaknya harus mencukupi hingga 50 gram serat setiap hari.

Jika masih kurang dari ini, kita sebenarnya belum melakukan diet tinggi serat. Bahkan menurut British Nutrition Foundation, kebanyakan orang hanya memenuhi setengahnya dari batas minimal yang dianjurkan.

Kita bisa memperkirakannya dengan melihat daftar bahan makanan tinggi serat dan mencocokan sudah berapa gram serat sebenarnya yang kita makan dalam sehari.

Baca juga : Makanan Berserat Bisa Jadi Kunci untuk Turunkan Berat Badan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Cuek terhadap asupan protein

Diet tinggi serat bukan berarti setiap hari hanya makan sayur dan buah. Selama diet, kita juga harus memperhatikan kebutuhan protein setiap hari.

Asupan protein yang mencukupi dapat membantu metabolisme tubuh bekerja membakar kalori yang lebih banyak. Selain itu, protein juga membantu menekan nafsu makan yang secara otomatis akan membatasi asupan kalori dengan lebih mudah.

Maka meski sedang diet, tetap usahakan untuk mencukupi asupan protein 10-15% dari kebutuhan sehari-hari.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.