Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/03/2018, 15:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Techtimes

KOMPAS.com - Tak ada yang bisa melawan penuaan, tapi kita bisa memperlambat prosesnya. Rahasia untuk memiliki tubuh yang bugar dan awet muda sebenarnya terletak pada cara yang sederhana, yaitu tetap bergerak aktif.

Penelitian terbaru menunjukkan, rutin bersepeda bisa membantu mempertahankan massa dan kekuatan otot sampai usia lanjut.

Tim peneliti melakukan tes terhadap 125 pesepeda amatir yang berusia 55 sampai 79 tahun. Kemudian dibandingkan dengan data kelompok orang berusia sama namun tidak pernah berolahraga.

Riset yang dipublikasikan dalam the Aging Cell Journal ini membuktikan bahwa hobi bersepeda dapat mempertahankan massa dan kekuatan otot.

Selain itu, tingkat lemak dan kolesterol mereka juga terjaga. Sistem kekebalan tubuh mereka juga lebih baik. Tingkat sel imun itu diteliti dengan melihat sel T.

Secara keseluruhan, mereka yang hobi bersepeda memiliki jumlah sel T yang muda dan segar lebih tinggi dibandingkan dengan orang-orang yang tidak pernah berolahraga.

(Baca juga :Cara Cantik Menyimpan Sepeda)

"Setelah seseorang berusia 20 tahun, sistem kekebalan tubuh mereka menurun sekitar 2 sampai 3 persen setiap tahun," kata Janet Lord, salah satu periset dalam penelitian ini.

Inilah sebabnya mengapa kelompok orang yang lebih tua lebih rentan terhadap infeksi, penyakit, dan yang terburuk, terkena kanker.

Namun, dalam penelitian ini terbukti bahwa dengan rutin berolahraga, dalam hal ini bersepeda, mampu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap optimal, sebanding dengan mereka yang masih berusia usia 20 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Techtimes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com