Kompas.com - 12/03/2018, 15:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Tak ada yang bisa melawan penuaan, tapi kita bisa memperlambat prosesnya. Rahasia untuk memiliki tubuh yang bugar dan awet muda sebenarnya terletak pada cara yang sederhana, yaitu tetap bergerak aktif.

Penelitian terbaru menunjukkan, rutin bersepeda bisa membantu mempertahankan massa dan kekuatan otot sampai usia lanjut.

Tim peneliti melakukan tes terhadap 125 pesepeda amatir yang berusia 55 sampai 79 tahun. Kemudian dibandingkan dengan data kelompok orang berusia sama namun tidak pernah berolahraga.

Riset yang dipublikasikan dalam the Aging Cell Journal ini membuktikan bahwa hobi bersepeda dapat mempertahankan massa dan kekuatan otot.

Selain itu, tingkat lemak dan kolesterol mereka juga terjaga. Sistem kekebalan tubuh mereka juga lebih baik. Tingkat sel imun itu diteliti dengan melihat sel T.

Secara keseluruhan, mereka yang hobi bersepeda memiliki jumlah sel T yang muda dan segar lebih tinggi dibandingkan dengan orang-orang yang tidak pernah berolahraga.

(Baca juga :Cara Cantik Menyimpan Sepeda)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Setelah seseorang berusia 20 tahun, sistem kekebalan tubuh mereka menurun sekitar 2 sampai 3 persen setiap tahun," kata Janet Lord, salah satu periset dalam penelitian ini.

Inilah sebabnya mengapa kelompok orang yang lebih tua lebih rentan terhadap infeksi, penyakit, dan yang terburuk, terkena kanker.

Namun, dalam penelitian ini terbukti bahwa dengan rutin berolahraga, dalam hal ini bersepeda, mampu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap optimal, sebanding dengan mereka yang masih berusia usia 20 tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Techtimes
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.