Kompas.com - 13/03/2018, 05:12 WIB
Ilustrasi olahraga gorodenkoffIlustrasi olahraga
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com — Olahraga adalah kebutuhan penting untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Ada berbagai jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk dilakukan saat olahraga. Namun, jenis olahraga apa yang paling cocok untuk diri kita masing-masing?

Nah, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan agar jadwal olahraga kamu nantinya berjalan lancar dan rutin, serta hasilnya maksimal.

Sebelum memulai olahraga, ketahuilah dulu tujuan kamu melakukannya. Apakah untuk kebugaran tubuh secara keseluruhan, atau fokus pada otot tertentu, untuk pemulihan setelah cedera, menurunkan berat badan, dan lain-lain.

Contohnya, bila kamu merasa mudah sekali lelah, naik tangga saja membuat terengah-engah, maka olahraga kardio seperti berlari, bersepeda, berenang bisa jadi pilihan. Pasalnya, olahraga kardio bisa memacu kerja jantung agar semakin kuat memompa darah ke seluruh bagian tubuh.

Atau, mungkin jika kamu merasa sudah cukup bugar tapi merasa postur badan masih kurang memuaskan, kamu bisa menambahkan olahraga lebih spesifik ke pembentukan otot.

Pilih yang disukai

Ilustrasi olahraga bersamaRawpixel Ltd Ilustrasi olahraga bersama
Yang penting adalah pilih aktivitas olahraga yang kamu sukai, bukan hanya yang bagus, tetapi kamu tidak menyukainya. Yang menjadi masalah adalah, jika tidak suka, orang dengan mudah akan mengakhiri olahraga mereka karena tidak bisa menikmatinya.

Jika sudah seperti ini, jadwal latihan bisa mulai banyak yang bolong-bolong, ujung-ujungnya tujuan pun tidak tercapai.

Jika masih bingung mau olahraga apa, pikirkan kembali apa aktivitas olahraga yang sering kamu lakukan atau yang kamu sukai ketika kecil. Misalnya, bermain basket atau bulu tangkis. Kamu bisa memulainya dengan menjalankan aktivitas itu kembali.

Pertimbangkan waktu

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X